website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 21:30:53 WIB

“Dukcapil Goes to Campus”: Pemkot Bandung Targetkan 10.000 Mahasiswa Miliki Identitas Kependudukan Digital (IKD) di UPI

Bandung | detikNews – Pemerintah Kota Bandung menggelar acara Dukcapil Goes to Campus di Universitas Pendidikan Indonesia pada Rabu, 29 Maret 2023. Acara ini bertujuan untuk memberikan Identitas Kependudukan Digital (IKD) kepada 10.000 mahasiswa.

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menyatakan bahwa Pemkot Bandung berupaya memberikan hak administrasi kependudukan kepada masyarakat dengan memberikan IKD. Hampir 100% dari 18.000 ASN di Kota Bandung sudah memiliki IKD, dan selanjutnya program tersebut akan diterapkan kepada masyarakat umum.

Pemkot Bandung bekerja sama dengan seluruh perguruan tinggi negeri (PTN) di Bandung untuk mempercepat pemberian IKD di masyarakat. Wali Kota Bandung berharap pemerintah pusat bisa turut menyosialisasikan IKD kepada fasilitas layanan publik lainnya agar pelayanan semakin baik di masa depan.

Baca juga:  Pengawasan SPBU dan Kuliner Kota Bandung, Perlindungan Konsumen dan Kepatuhan Aturan BDKT

Dalam acara ini, Pemkot Bandung menerima piagam penghargaan apresiasi dari Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil atas peran dan dukungannya dalam penyelenggaraan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil. Dirjen Dukcapil Republik Indonesia, Teguh Setyabudi mengapresiasi kinerja Disdukcapil Kota Bandung dan berharap wilayah lain bisa menerapkan program serupa.

IKD saat ini baru bisa diakses di Android, sementara untuk iOS masih dalam pembahasan. Dirjen Dukcapil mengatakan bahwa IKD bisa menjadi solusi atas permasalahan kelangkaan blangko Dukcapil.

Baca juga:  Rekomendasi 5 Tempat Makan dengan Musala yang Nyaman di Kota Bandung

Rektor UPI, Prof. Dr. M. Solehuddin menjelaskan bahwa kegiatan ini akan diselenggarakan di 15 titik sekitar kampus UPI selama tiga hari, dengan target sasarannya adalah dosen, karyawan, dan mahasiswa. UPI memiliki 1.500 dosen, 1.500 karyawan, dan lebih dari 45.000 mahasiswa. Targetnya adalah memfasilitasi 10.000 mahasiswa untuk membuat IKD.

Salah satu mahasiswa yang sudah memiliki IKD, Voni Fitria dari Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, mengaku bahwa aplikasi pembuatan IKD relatif lancar dan arahannya jelas. Namun, setelah selesai membuat akun, ada sedikit hambatan. Voni berharap aplikasi ini bisa lebih dipercepat lagi agar lebih efektif.

Baca juga:  2.500 Anak Usia Dini Beraksi di Gebyar Pentas Kreativitas PAUD

Rektor UPI, Prof. Dr. M. Solehuddin akan berkeliling meninjau langsung ke setiap fakultas untuk memastikan kegiatan ini bisa berjalan dengan maksimal. (DN)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait