28.4 C
Indonesia
Sab, 3 Desember 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Sabtu, 3 Desember 2022 | 13:21:45 WIB

Dukung Penuh Dimas Sebagai Calon Ketua LPM Kelurahan Mampang, H.Imam Musanto : Mari Berikan Kesempatan Putera Daerah Membangun Negeri

Depok | detikNews – Makin panasnya issue tentang akan digelarnya kontestasi pemilihan Calon Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) tingkat Kelurahan secara serentak di Kota Depok beberapa bulan kedepan, menuai banyak pro dan kontra baik dari sisi positif dan negatif dikalangan pengusung para Bacalon Ketua LPM. Menyikapi hal tersebut H.Imam Musanto.S.Pd.MM anggota DPRD Kota Depok Komisi D F-PKS dengan tegas menyatakan dukungannya kepada Mulya Dimas Putra, AP. TTD, Tokoh Pemuda usungan Karang Taruna Kelurahan Mampang yang dicalonkan sebagai Ketua LPM Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

H.Imam Musanto mengatakan, sudah saatnya para pemuda bangkit membangun lingkungannya, dan dirinya akan mendukung penuh program kerja serta visi misi yang akan direalisasikan Dimas dan tim nya dalam memberikan pelayanan-pelayanan terbaiknya bagi masyarakat Kelurahan Mampang.

“Definisi tentang pemuda di atas lebih pada definisi teknis berdasarkan kategori usia sedangkan definisi lainnya lebih fleksibel. Dimana pemuda/ generasi muda/kaum muda adalah mereka yang memiliki semangat pembaharu dan progresif. Peran pemuda Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tidak dapat diragukan lagi”, ucap Bang Imun. Jum’at 10/6/2022.

“Pemuda memiliki peranan untuk menjadi pusat dari kemajuan bangsa. Dalam hal ini dapat dilakukan melalui pengadaan perubahan-perubahan dalam lingkungan masyarakat, baik secara nasional maupun daerah, menuju kepada arah yang lebih baik lagi pada masa yang akan datang”, sambungnya.

Ketua Perbakin Kota Depok ini menilai, bahwa pemberdayaan pemuda adalah kegiatan membangkitkan potensi dan peran aktif pemuda. Di mana pemuda itu memiliki beragam potensi yang dimiliki oleh individu pemuda itu sendiri.

“Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu proses memberikan daya, kekuatan, dukungan serta dorongan motivasi kepada masyarakat agar dapat mengembangkan potensi yang dimiliki. Untuk itu, pemberdayaan penting dilakukan untuk memberikan kesempatan yang sama kepada masyarakat dalam memperoleh haknya sebagai masyarakat”, ungkap Bang Imun.

“Konsep pemberdayaan masyarakat yang diusung Dimas tidak semata-mata muncul tanpa tujuan. Pemberdayaan erat kaitannya dengan pembangunan, dan pembangunan merujuk pada tujuan serta perbaikan. Intinya tujuan pemberdayaan adalah untuk membentuk individu dan masyarakat menjadi mandiri. Kemandirian tersebut meliputi kemandirian berpikir, bertindak dan mengendalikan apa yang mereka lakukan”, lanjutnya.

Ulama kharismatik ini menambahkan, Sesuai UU. No 40 Tahun 2009 pasal 24 tentang Pemberdayaan yaitu: 1 Pemberdayaan pemuda dilaksanakan secara terencana, sistematis, dan berkelanjutan untuk meningkatkan potensi dan kualitas jasmani, mental spiritual, pengetahuan, serta keterampilan diri. Untuk itu Dimas perlu mendapatkan dukungan penuh dari semua pihak, agar nantinya dapat memimpin LPM Kelurahan Mampang dengan penuh tanggungjawab dan berkualitas.

“Pada dasarnya pemberdayaan bertujuan untuk memberikan kesempatan membentuk individu maupun kelompok menjadi lebih berdaya, mandiri dan berani melalui proses belajar sehingga terjadi perbaikan keadaan. Pendekatan yang menekankan terciptanya situasi yang memungkinkan warga belajar tumbuh dan berkembang analisisnya serta memiliki motivasi untuk ikut berperan aktif bersama-sama membangun lingkungan, searah dengan cita-cita pembangunan Pemkot Depok”, tambah Bang Imun.

“Pemberdayaan tentu dapat mengarahkan masyarakat kearah yang lebih baik untuk proses pembangunan. Pemberdayaan pada dasarnya bertujuan untuk mengaktifkan kesadaran masyarakat dalam membangun sebuah program yang mampu mensejahterahkan masyarakat. Dalam hal pemberdayaan harus ada rasa interaktif agar dapat mengkomunikasikan dari pembahasan yang mendasar, agar proses pemberdayaan dapat berlangsung maksimal”, imbuhnya.

H.Imam Musanto berharap, para pemilih kontestasi calon Ketua LPM lebih subjektif dalam menentukan pilihan yang tepat, yang pada akhirnya membawa Dimas memimpin LPM Kelurahan Mampang menuju perubahan yang nyata, bersama kami membangun Kota Depok yang maju, berbudaya, dan sejahtera.

“Dimas adalah sosok semangat para Pemuda putera daerah yang menginginkan perubahan yang nyata dan terarah. Jadi, generasi-generasi masa depan seperti Dimas lah yang dibutuhkan Kota Depok dalam upaya membangun bangsa”, papar Bang Imun.

“Saya bersama jajaran dan tim Imun Center, akan mendukung penuh bang Dimas untuk memimpin LPM, menuju masa terbaik Kelurahan Mampang, yang maju, berbudaya, dan sejahtera bersama”, pungkasnya.(Arifin)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru
Berita Terkait