website statistics
24.4 C
Indonesia
Sat, 18 May 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Saturday, 18 May 2024 | 21:04:26 WIB

Dukung Penuh Pertumbuhan Perekonomian Masyarakat, Jasa Tirta II Bantu UMK Melalui Bantuan Modal dan Pembinaan

Purwakarta | detikNews – Potensi dan peran Usaha Mikro Kecil (UMK) cukup besar dan penting untuk mendukung perekonomian masyarakat, karena itu perlu didukung modal yang memadai.

Menyadari hal tersebut, Jasa Tirta II menyalurkan Program Pendanaan UMK Tahap I Tahun 2022 sebesar Rp. 563 juta kepada 22 pelaku UMK yang tersebar di beberapa daerah, seperti : Kabupaten Purwakarta, Karawang, Subang dan Bandung Barat.

Program ini merupakan salah satu komitmen JasaTirta II untuk meningkatkan hubungan sosial yang harmonis, antara Perusahaan dengan masyarakat dan lingkungan sekitar.

Baca juga:  Transparansi Akuntabilitas BMN dalam Pengelolaan Keuangan, Kemenkumham Kembali Raih Opini WTP

Selain memberikan bantuan modal, tujuan Program Pendanaan UMK ini untuk meningkatkan produksi dan penjualan serta mengembangkan Usaha Mikro, dan Usaha Kecil, agar menjadi usaha yang tangguh dan mandiri serta dapat berkembang menjadi usaha menengah.

Peran UMK juga penting untuk memperkaya produk nasional, membuka lapangan pekerjaan dan meningkatkan ekspor komodisti non migas. Dengan produk-produk UMK yang mengusung kearifan lokal juga dapat menunjang pengembangan industri pariwisata.

Baca juga:  Anak Lilis Karlina Berinisial RD Terlibat Peredaran Narkoba, Ditangkap Polisi pada Usia 15 Tahun

Penyaluran bantuan modal untuk UMK dibuka oleh Direktur Keuangan, SDM dan Manajemen Risiko Jasa Tirta II Indriani Widiastuti, di Hotel Harper Kabupaten Purwakarta pada Kamis, 30 Juni 2022 yang dihadiri oleh PT PNM Pimpinan Cabang Subang Jimi Firmansyah, perwakilan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta, serta Tokoh Agama Kabupaten Purwakarta H. Ikhsan Kamil.

Tak hanya bantuan modal, Jasa Tirta II juga membina pelaku UMK melalui pelatihan manajemen usaha kecil. Kepala Divisi Umum dan TJSL I.S Budi Satrijo mengatakan, bahwa bantuan modal dan pembinaan ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh UMK,  agar dapat terus berkembang dan lebih produktif.

Baca juga:  Kader PSI Anthony Winza Mengambil Keputusan Mundur dari Anggota DPRD DKI Jakarta untuk Fokus Pendidikan di Harvard University

Kemudian, Makmur perwakilan Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purwakarta menyampaikan, apresiasi dan berterima kasih kepada Jasa Tirta II yang terus berkomitmen mensejahterakan masyarakat melalui Program Pendanaan UMK yang berjalan setiap tahun. Program ini menggerakan masyarakat untuk melatih kemampuan wirausaha serta menggeliatkan ekonomi masyarakat.(Amanah/Ar)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait