website statistics
25.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 8:59:30 WIB

Dukung Program Kesehatan dan Kemanusiaan, Ketua PMI Kota Depok Ajak Masyarakat Donorkan Darah di Bulan Puasa

Depok | detikNews – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok, Dudi Mi’raz, mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta dalam mendonorkan darah. Namun, ia menyarankan agar pendonor memilih waktu yang tepat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan 1444H.

Menurutnya, waktu yang ideal untuk mendonorkan darah selama bulan Ramadhan adalah pada pagi atau sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Hal ini bertujuan agar pendonor tidak mengalami kelelahan dan tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa.

“Idealnya, kalau ingin mendonorkan darah selama bulan Ramadhan bisa di pagi atau sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Hal tersebut, agar pendonor tidak lemas dan tetap sehat”, ujarnya Jum’at 24/03/23.

Baca juga:  PMI Kota Depok Siapkan Relawan Siaga 24 Jam Selama Lebaran, Bantu Masyarakat Hadapi Situasi Darurat

Dalam hal ini, masyarakat di Kota Depok dapat meningkatkan kesadaran mereka untuk membantu sesama dengan mendonorkan darah ke PMI. Terlebih lagi, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa yang menyatakan, bahwa mendonorkan darah tidak membatalkan puasa.

“Bentuk sedekah bukan hanya materi, tetapi bisa juga dengan meningkatkan kepedulian sesama, contohnya sumbang darah”, terangnya.

Dudi menekankan, bahwa bentuk sedekah bukan hanya dalam bentuk materi, namun juga bisa dilakukan dengan meningkatkan kepedulian terhadap sesama, seperti dengan mendonorkan darah. Menurutnya, fatwa dari MUI tersebut seharusnya menjadi landasan bagi masyarakat untuk mendonorkan darah di bulan puasa.

Baca juga:  Gelar Acara Open House, Wakil Walikota Depok Bertemu dan Bersilaturahmi dengan Masyarakat

“MUI juga sudah buat fatwa, bahwa donor tidak membatalkan puasa, seharusnya itu yang menjadi landasan untuk donor di bulan puasa. Hanya mungkin, waktunya saja yang diatur”, terangnya.

Bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darah, mereka dapat mendatangi donorkan darah selama bulan Ramadhan yang berlokasi di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City (GDC). Jam operasionalnya tetap sama seperti hari biasa, yaitu pukul 08.00 – 20.30 WIB.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Hipertensi Gestasional: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

“Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya, bisa datang di jam tersebut ke Markas PMI Kota Depok”, ujarnya.

Dudi berharap, agar masyarakat dapat datang langsung ke Markas PMI Kota Depok pada jam tersebut dan secara sukarela mendonorkan darahnya. Dengan demikian, kepedulian dan semangat sosial dapat terus ditingkatkan melalui aksi nyata seperti mendonorkan darah.

“Maka besar harapan kami, masyarakat mau datang langsung dan secara sukarela mendonorkan darahnya”, pungkas Dudi.(Nawi).

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait