website statistics
25.4 C
Indonesia
Wed, 24 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Wednesday, 24 April 2024 | 15:45:32 WIB

Dukungan Pemerintah Kabupaten Pemalang Agar Produk UMKM Bisa Masuk Ke Ritel Modern

Pemalang | detikNews – Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat S.T menyampaikan apresiasinya kepada Alfamart, atas inisiasinya melaksanakan kurasi (pendataan) produk makanan/olahan makanan UMKM Pemalang.

Mansur Hidayat juga menjelaskan bahwa yang akan dikurasi yaitu semua produk yang sudah sesuai dengan ketentuan, contohnya packaging, sudah ada sertifikat halal dan Produk Industri Rumah Tangga (PIRT).
“Yang paling penting adalah ada halal dan PIRT-nya nanti sudah bisa masuk,” kata Mansur Hidayat.

Selain sertifikat halal dan PIRT, kata Mansur, persyaratan lain yang harus diikuti yaitu tercantum masa kadaluarsa pada packagingnya.

Menurut Mansur Hidayat, produk yang akan masuk di toko modern (Alfamart) itu tidak harus mahal, yang penting menarik dan lebih tahan lama. “Misalkan produk yang plastik (kemasannya) lebih tebal itu lebih tahan lama ketahanan pangannya, dari pada plastik yang tipis,” tegas Mansur Hidayat.

Baca juga:  Penetapan Ketua KONI Kabupaten Pemalang

Hal ini adalah salah satu dukungan Pemerintah Kabupaten Pemalang agar produk UMKM bisa masuk ke ritel modern, tentunya dukungan tersebut juga di tunjang oleh pihak pihak terkait (Diskoperindag dan DPMPTSP) agar memberikan kemudahan perizinan PIRT.

“Dengan memberikan kemudahan perizinan dan kerjasama dengan Alfamart itu salah satu dukungan dari pemerintah,”.
Hal tersebut disampaikan Mansur Hidayat dalam sesi acara pelatihan manajemen ritel di Gedung Sasana Bhakti Praja, Kamis 25 Mei 2023.

Kegiatan diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang, diikuti oleh 45 pelaku UMKM Kabupaten Pemalang dan bekerjasama dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya, pungkas Mansur Hidayat.

Baca juga:  Pelantikan Pimpinan Baznas Pemalang, Mansur Hidayat: Arahkan Semangat Berzakat untuk Kemaslahatan Masyarakat

Selanjutnya salah satu Tim Regional Corporate Communication PT. Sumber Alfaria Trijaya Semarang Budi Santoso membeberkan persyaratan agar produk bisa masuk ke tokonya, bahwa “Kami butuh minimal dua hal, yang pertama PIRT dan yang ke-dua halal.
Sebab dua hal itu tentunya harus dipenuhi karena ini menjadi dasar dan awal produk bapak/ibu masuk ke toko Alfamart,“ kata Budi Santoso.

Selanjutnya “Nanti akan kita bantu pasarkan di Alfamart tapi melalui beberapa tahapan misalkan nanti dilihat dari packagingnya,” sambungnya.

Masih dalam kesempatan yang sama Inggried Andrianie selaku Narasumber kegiatan sekaligus MD Manager Alfamart Semarang memaparkan materi “Join Bisnis Simpel & Jangka Panjang Untuk UMKM”.
Dan selanjutnya Narasumber ke-dua Anggota Tim AlfaPOP Semarang Khoirul Sholeh dengan materi “Pemasaran UMKM Online”.

Baca juga:  Cegah Tragedi Meninggalnya Anggota KPPS, KPU Menggagas Model Baru Penghitungan Suara untuk Pemilu 2024

Dari Kabid Perdagangan Diskoperindag Kabupaten Pemalang Eliyah Puspa Purwanti mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan, yaitu untuk memberikan informasi tentang standar makanan atau olahan dalam kemasan.
Selain itu juga memberikan kesempatan kepada pelaku UMKM untuk memperluas pemasaran, melalui ritel modern khususnya Alfamart.
Kegiatan kemitraan ini sudah dimulai sejak akhir tahun 2021. 15 produk UMKM Kabupaten Pemalang dari 11 pelaku UMKM sementara ini sudah dapat diterima dan dipasarkan di outlet-outlet ritel modern yang ada di Kabupaten Pemalang, pungkas Eliyah Puspa Purwanti. (Eko B Art).

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait