website statistics
29.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 17:10:53 WIB

‘Easy Plan’ Platform Partisipatif Untuk Perencanaan Pembangunan Kota Depok

Depok | detikNews – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok meluncurkan ‘Easy Plan’, sebuah Platform Online yang memungkinkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan ide pembangunan secara langsung tanpa perantara. Diluncurkan oleh Walikota Depok, Mohammad Idris pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024, Platform ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi aktif warga dalam perencanaan program pembangunan di Kota Depok.

“Melalui platform ini diharapkan akan dapat meningkatkan partisipasi aktif warga dalam perencanaan program pembangunan di Kota Depok”, ucap Walikota Depok saat peluncuran aplikasi Easy Plan tersebut.

Baca juga:  6 Hari Lagi, Pemkot Depok Gelar Musrenbang 2024 Tingkat Kelurahan

Dalam kesempatan yang sama Kepala Bappeda Kota Depok Dadang Wihana menyebut, bahwa semua masyarakat dengan KTP Depok dapat mengakses e-musrenbang.depok.go.id untuk menyampaikan usulan pembangunan, seperti perbaikan dan pelebaran jalan. Setelah membuka platform tersebut, publik dapat login ke halaman pendaftaran dengan memasukkan identitas lengkap dan kata sandi untuk pembuatan akun. Kemudian, mereka dapat login kembali dengan menggunakan username/NIK dan password yang sudah didaftarkan.

“Lalu ke halaman usulan warga, dan silahkan untuk masukkan usulan atau ide – ide masyarakat dengan mengikuti tata cara penginputan”, terang Dadang.

Baca juga:  Prestasi Gemilang: Diskominfo Depok Menangkan Penghargaan Perencanaan Terbaik Peringkat Kedua

Di halaman usulan warga, masyarakat dapat memasukkan usulan atau ide – ide mereka dengan mengikuti tata cara penginputan. Semua usulan yang disampaikan ke dalam ‘Easy Plan’ juga dapat menjadi bahan kebijakan penyusunan perencanaan pembangunan.

Menurut Kepala Bappeda Kota Depok Dadang Wihana, Platform ini transparan dan semua usulan masuk. Perangkat Daerah, Kecamatan, Kelurahan dapat mengakses dan melihat langsung kebutuhan masyarakatnya. Hal ini akan membantu proses pembangunan ke depannya menjadi lebih terarah, dan fokus pada kebutuhan masyarakat.

Baca juga:  Kepala Bappeda Kota Depok Ingatkan Pentingnya Perencanaan Pembangunan dan Peningkatan Perekonomian Daerah

“Platform ini transparan, semua usulan masuk. Perangkat daerah, kecamatan, kelurahan bisa akses dan lihat langsung kebutuhan masyarakatnya apa”, ungkapnya.

“Sehingga proses pembangunan ke depannya lebih terarah dan fokus pada kebutuhan masyarakat”, tutup Dadang.

Dengan diluncurkannya ‘Easy Plan’, diharapkan akan ada lebih banyak partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Kota Depok. Platform ini juga memudahkan warga untuk menyampaikan aspirasi dan ide mereka secara langsung tanpa perantara, sehingga proses pembangunan dapat menjadi lebih transparan dan partisipatif.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait