website statistics
23.4 C
Indonesia
Mon, 24 June 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Monday, 24 June 2024 | 23:53:59 WIB

Enam Proyek Prioritas Wapres Ma’ruf Amin untuk Kemajuan Papua Pegunungan

Wamena | detikNews – Pada Rabu, 5 Juni 2024, Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin menginjakkan kaki di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan untuk pertama kalinya. Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian lawatan Wapres ke provinsi-provinsi Indonesia sejak Desember 2022.

Sebagai Ketua Badan Pengarah Percepatan Pembangunan Otonomi Khusus Papua (BP3OKP), Wapres Amin, yang didampingi Mendagri, Menteri PPN/Kepala Bappenas, dan Menteri Keuangan, memastikan langkah-langkah percepatan pembangunan di Tanah Papua.

Dalam pertemuannya dengan berbagai pihak, termasuk Pemda Papua Pegunungan, Majelis Rakyat Papua (MRP), serta tokoh masyarakat dan agama, Wapres menekankan pentingnya proyek prioritas lintas sektor yang sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

Penjabat Gubernur Papua Pegunungan, Velix Wanggai, menegaskan bahwa Wapres Amin menyadari tantangan geografis dan topografis di wilayah pegunungan Papua, yang memerlukan strategi pembangunan khusus.

Menurut Velix, pemerintah akan fokus merumuskan strategi pembangunan yang sejalan dengan kearifan lokal dan konteks wilayah, dengan tujuan meningkatkan akses pelayanan publik. “Wapres menekankan pentingnya pemetaan wilayah yang tepat untuk masing-masing kabupaten di Papua Pegunungan, yang memiliki potensi unik,” ujarnya.

Baca juga:  Gagal Berangkat Ke Tanah Suci Mekkah, Pria 50 Tahun Desa Lekor Janapria Diduga Gangguan Jiwa

Wapres juga menyoroti peran strategis berbagai kabupaten, seperti Pegunungan Bintang di perbatasan dengan Papua Nugini, Yahukimo sebagai pintu gerbang selatan Papua, dan Yalimo sebagai pintu gerbang utara Papua. Beliau menekankan perhatian khusus pada Kabupaten Nduga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat asli Papua (OAP) di sana.

Empat Pesan Utama dari Wapres di Tanah Wamena

Dalam arahannya, Wapres menyampaikan empat pesan utama. Pertama, mengajak semua pihak untuk mensyukuri berdirinya Provinsi Papua Pegunungan dan membangun sinergi antara pusat dan daerah untuk perencanaan pembangunan yang tepat.

Kedua, Wapres meminta kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk merumuskan strategi komprehensif guna menurunkan biaya hidup di Papua Pegunungan, mempercepat pembukaan akses wilayah, dan mengembangkan komoditas unggulan daerah.

Baca juga:  Sosialisasikan Gerakan Perlindungan Anak di Kota Depok, Kartika Sari Bersama DP3AP2KB Berikan Target Sukseskan Gerakan Asuh Anak Tangguh

Wapres juga menginstruksikan agar langkah-langkah teknis persiapan dan pelaksanaan pembangunan sentra sarana prasarana di Papua Pegunungan dipastikan terlaksana. Pemerintah Provinsi diharapkan membuka ruang komunikasi dengan masyarakat untuk mendukung percepatan pembangunan dan menangkal hoaks yang merugikan.

Di akhir sambutannya, Wapres menegaskan bahwa 5 Juni 2024 adalah awal dari upaya kuat untuk membangun kesejahteraan di Papua Pegunungan melalui pendekatan kultural dan keagamaan.

Velix Wanggai: Mendorong Pergerakan Ekonomi Komoditas

Setelah menyampaikan sambutannya, Wapres, didampingi Ibu Hj Wury Ma’ruf Amin serta Pj Gubernur Velix Wanggai dan Ibu Hj Herwin Wanggai, menyapa anak-anak paduan suara dari GKI Bethlehem Wamena, pengrajin noken, dan pegiat kopi lokal. Momen yang berkesan adalah ketika Wapres menerima lukisan wajahnya dan Ibu Wury.

Baca juga:  Diduga Akibat Kelelahan, Seorang Pria Asal Surabaya Ditemukan Meninggal Dunia di Kamar Kosnya

Pada akhir kunjungannya, Wapres menyerahkan bola dan baju bola kepada anak-anak dari Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Walesi-Wouma. Menurut Velix, kunjungan ini memberikan semangat baru bagi Daerah Otonom Baru (DOB) untuk mempercepat pembangunan di Papua Pegunungan. Wapres mencanangkan beberapa proyek prioritas nasional dan provinsi.

Proyek-proyek prioritas tersebut meliputi:

  1. Perpanjangan Runway Bandara Wamena;
  2. Pembangunan jalan Trans Papua segmen Elelim – Benawa sepanjang 50 km dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU);
  3. Pembangunan gedung VIP Bandara Wamena;
  4. Pembangunan Kawasan Sentra Pangan di Jayawijaya dan Yahukimo;
  5. Pembangunan air bersih di Jayawijaya;
  6. Pembangunan listrik 24 jam di Kabupaten Lanni Jaya, khususnya di Kota Tiom.

“Diharapkan, proyek-proyek prioritas ini dapat mempercepat penurunan inflasi dan biaya hidup, mendorong pergerakan ekonomi komoditas, dan meningkatkan pelayanan sosial dasar di berbagai kabupaten di Papua Pegunungan,” tutup Velix Wanggai. (rn)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait