website statistics
22.4 C
Indonesia
Fri, 26 July 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Friday, 26 July 2024 | 3:20:53 WIB

Evaluasi Proses Seleksi Petugas KPPS Pemilu 2024 di Kelurahan Sawunggaling Surabaya

Surabaya | detikNews – Sebagai langkah awal menuju Pemilu 2024, Ketua RW Satrio Wibowo menyampaikan hasil evaluasi terkait pembentukan petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di RW 05 Bumiarjo, Kelurahan Sawunggaling, Kecamatan Wonokromo, Surabaya.

Rapat Sinkronisasi Program Pembentukan KPPS Pemilu Tahun 2024 yang diselenggarakan pada hari Minggu (19/11/2023) di gedung balai RW 05 Bumiarjo, membahas beberapa poin evaluasi, termasuk kriteria pencarian calon petugas KPPS yang harus memiliki kompetensi layak. Selain itu, terdapat perhatian terhadap ketidakmerataan pengetahuan, ketersediaan jaringan yang belum merata, dan waktu pembentukan petugas KPPS yang terbilang singkat.

Baca juga:  Tak Disangka Ternyata ini yang Dilakukan Ikatan Arema Kupang, Simak Berikut ini Selengkapnya

Satrio mencatat bahwa untuk mengatasi kendala tersebut, panitia di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kelurahan Sawunggaling berencana melakukan pembentukan petugas KPPS lebih awal, yakni pada bulan November 2023. Langkah ini diambil agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) memiliki waktu yang cukup untuk membentuk dan memberikan Arah kepada calon petugas KPPS.

Baca juga:  Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) Akan Berakhir Sendiri Jika Pasangan Calon Berbeda, Tegaskan PPP, Sementara Golkar Menegaskan Solidaritas

Satriyo mengungkapkan bahwa di Kampung Bumiarjo, akan dibentuk 7 Tempat Pemungutan Suara (TPS), sehingga diperlukan 49 petugas KPPS yang akan tersebar di Kelurahan Sawunggaling. Oleh karena itu, diperlukan partisipasi semua pihak untuk mensosialisasikan informasi ini kepada seluruh masyarakat. kemungkinan akan diadakan apel akbar tingkat Kelurahan sebagai bentuk koordinasi yang lebih luas.

Saat ini, lanjutnya, Proses rekrutmen petugas KPPS sudah memasuki tahapan, dan untuk mendukung kegiatan ini, RW 05 Bumiarjo Kelurahan Sawunggaling menggelar sosialisasi kepada 49 calon petugas yang akan ditempatkan di 7 TPS. 

Baca juga:  H.Heri Julius Datangi Dapil III dan Tampung Aspirasi Rakyat

Acara tersebut dihadiri oleh seluruh Ketua RT Kampung Bumiarjo dan para calon petugas KPPS, yang merupakan perwakilan dari berbagai elemen masyarakat, termasuk Karang Taruna.

Satro berharap Petugas KPPS  merupakan warga setempat yang mengenali dengan baik calon pemilih di TPS mereka, sehingga memudahkan dalam penyelenggaraan pemungutan suara, terangnya. (okik)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait