website statistics
23.4 C
Indonesia
Wed, 24 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Wednesday, 24 April 2024 | 2:32:13 WIB

FMIPA UI Ajarkan Cara Berternak Cacing Sutra Menggunakan Limbah di Desa Sukarame, Pandeglang

Pandeglang | detikNews – Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) FMIPA UI yang dipimpin oleh Abinawanto bersama delapan Mahasiswa yang berasal dari Departemen Geografi dan Biologi, melakukan sosialisasi ‘Pengembangan Peternakan Cacing Sutra dan Kutu Air’ dengan menggunakan limbah peternakan yang diberi nama ‘Tubifarm Uncal’ pada hari Minggu tanggal 2 Oktober 2022 di Desa Sukarame, Carita, Pandeglang, Banten.

Dalam pelaksanaanya, Tim Pengmas bekerja sama dengan Yayasan Pandu Cendikia, empat Dosen dari Departemen Biologi FMIPA UI yang terdiri dari Retno Lestari, Ratna Yuniati, Dian Hendrayanti, dan Windri Handayani, tim Pramuka UI dengan sepuluh Mahasiswa, dengan dukungan dari Direktorat Pengabdian serta Pemberdayaan Masyarakat Universitas Indonesia (DPPM UI).

Baca juga:  FMIPA UI Ajarkan Warga Buat Pupuk Tongkat dari Limbah Pasar Induk di Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur

Pelaksanaan progam ‘Tubifarm Uncal’ diawali dengan sosialisasi mengenai penggunaan limbah peternakan ikan Lele untuk pembudidayaan Cacing Sutra dan Kutu Air. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan praktik pemberian pakan Cacing Sutra dengan menggunakan ampas kelapa.

Abinawanto selaku ketua kegiatan pengabdian masyarakat menjelaskan, bahwa budidaya ikan merupakan salah satu sektor ekonomi utama di Desa Sukarame. Akan tetapi, pengembangan budidaya ikan tersebut masih menemui kendala salah satunya adalah pemberian pakan.

Baca juga:  Ketua RT dan Ketua RW Tersangka Pengeroyokan Warga hingga Tewas di Lebak, Banten

Juhri, salah seorang warga Peternak Cacing Sutra mengungkapkan, bahwa selama ini para Peternak ikan hanya mendapatkan Cacing Sutra melaui mencari di area sungai, dan kali saja.

“Pada awalnya penggunaan Cacing Sutra untuk pakan ikan hanya didapatkan secara liar, yaitu di sungai atau di saluran air. Selain itu, kendala lainnya adalah peternakan Cacing Sutra untuk pakan ikan belum secara luas dilakukan dan hanya digunakan secara individu untuk konsumsi ikannya masing-masing”, ungkap Juhri, Minggu 02/10/2022.

Baca juga:  Pasca Penerimaan Mahasiswa Baru, HMPS HKI UNISMA Gelar OSJUR dan Launching Buku

Sementara itu, Rika selaku Ibu Kepala Desa Sukarame mengucapkan terima kasih kepada tim Pengabdian Masayarakat Universitas Indonesia atas progam ‘Tubifaram Uncal’ yang disosialisasikan kepada para peternak ikan diwilayahnya.

Rika berharap progam ‘Tubifarm Uncal’ yang telah disosialisasikan tersebut, dapat bermanfaat untuk masyarakat dan menjadi peluang usaha baru di Desa Sukarame.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait