website statistics
24.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 0:45:47 WIB

FMIPA UI Gelar Penanaman Bakau sebagai Penahan Abrasi dan Pengembangan Wisata di Pantai Lagundi Carita Banten

Pandeglang | detikNews – Universitas Indonesia (UI) melalui Tim Mangrove Sukajadi menjalankan salah satu dari 318 program Pengabdian Masyarakat (Pengmas) yang diluncurkan oleh Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) pada Senin 15/08/2022. Program penanaman bakau ini diharapkan dapat meminimalisir dampak abrasi akibat tsunami Selat Sunda (2018).

Program ini merupakan bentuk perwujudan poin Pengabdian Masyarakat pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu : tanggung jawab elemen Perguruan Tinggi kepada masyarakat dan pemenuhan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Baca juga:  Zakat Fitrah dan Fidyah: Konsep dan Panduan Pembayarannya yang Berbeda

Dalam kegiatan sosialisasi, dan penanaman 500 bibit Bakau di Pantai Lagundi, Desa Sukajadi, Pandeglang, Banten tersebut, turut hadir Dosen Departemen Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Drs. Wisnu Wardhana, M.Si., Dr. Retno Lestari, S.Si., M.Si, bersama dengan Mahasiswa anggota Tim Pengmas Mangrove Sukajadi dibantu oleh Kelompok Masyarakat Penggerak Konservasi (KOMPAK).

Pembimbing Tim Pengmas Mangrove Sukajadi, Drs. Wisnu Wardhana, M.Si. mengatakan, bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebgi bentuk cikal bakal pengembangan wisata yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian pada masyarakat sekitar.

Baca juga:  Ketua RT yang Jadi Tersangka Pengeroyokan Maut di Lebak Bantah Terlibat dalam Provokasi

“Penanaman mangrove perlu terus dilakukan bukan hanya sebagai penahan abrasi, tetapi juga sebagai habitat bagi organisme lain, fiksasi karbon, dan cikal bakal pengembangan wisata yang akan meningkatkan perekonomian warga lokal”, ucapnya, Senin 15/8/2022.

Sejalan dengan visi dan misi yang disampaikan Ketua Tim pengabdi FMIPA UI, Ketua Kompak mengatakan, bahwa masyarakat setempat berharap penanaman mangrove tersebut dapat dilakukan secara berkesinambungan.

Baca juga:  Tanggap Bencana, HBS Dorong Warga Ajukan BTT ke Pemkot Depok

“Kegiatan penanaman Bakau tepat sasaran dalam mencegah abrasi dan potensi bencana. Masyarakat ingin terus berkontribusi, dan berharap program ini dapat berjalan secara berkelanjutan untuk mengontrol, meremajakan, dan menambah variasi tumbuhan di ekosistem Bakau Desa Sukajadi”, Ujar ketua KOMPAK, Saiful Bahri.(Arifin)

 

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait