website statistics
26.4 C
Indonesia
Tue, 27 February 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Tuesday, 27 February 2024 | 13:49:45 WIB

Fokus Pemberdayaan SDA Situ, Ketua Pembina PODSI Konsisten Support Festival Lomba Perahu Naga 2023

Depok | detikNews – Tetap konsisten sejak tahun 2015 silam hingga saat ini pada pemberdayaan Sumber Daya Alam (SDA) Situ yang ada di Kota Depok, Hj.Yeti Wulandari.SH, Ketua Pembina Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) menyebut, bahwa jika terus dikembangkan maka pengelolaan area Situ akan menjadi lumbung Pemasukan Anggaran Daerah (PAD) baru yang signifikan, dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan Wira Usaha lokal.

Hal tersebut diungkapkan Hj.Yeti Wulandari.SH, dalam rangka persiapan acara Festival Perahu Naga Tingkat Kota tahun 2023 di Situ Rawa Kalong, Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis Depok, yang akan diselenggarakan pada Minggu 10 Desember 2023 mendatang.

“Alhamdulillah, dengan digelarnya rutinitas Festival Lomba Perahu Naga ini saya ingin menunjukkan, bahwa Depok mempunyai SDA berupa Situ, yang jika terus konsisten dikembangkan dapat menjadi daya tarik destinasi wisata lokal dan olahraga. Artinya, kegiatan rutinitas ini akan menjadi lumbung PAD baru bagi peningkatan APBD Kota Depok”, terang Srikandinya Gerindra Kota Kota Depok ini, Rabu 6/12/2023.

Baca juga:  Odong-Odong Keren: Cara Unik dan Seru untuk Menjelajahi Tiga Rute Wisata Kota Depok!

“Sebagai bukti konsistensi dukungan terhadap kegiatan rutinitas ini, sejak tahun 2015 lalu saya telah memasukan anggaran kegiatan rutinitas Festival Lomba Perahu Naga ini
kedalam anggaran Pokok Pikiran (Pokir) saya kepada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Parawisata (Disporyata) Kota Depok di setiap tahunnya sebesar Rp.200 juta”, jelasnya.

Ketua Pembina PODSI yang juga sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Depok ini mengungkapkan, bahwa dirinya bersama jajaran akan selalu berupaya tetap konsisten membawa nama besar PODSI serta pemberdayaan Situ menuju ajang kontestasi nasional dan internasional kedepannya.

“Kegiatan rutinitas ini sebelumnya sudah dilaksanakan di beberapa Situ yang ada di Kota Depok yakni : Situ Rawa Besar, Situ Pedongkelan, Situ Jati Jajar serta Situ Rawa Kalong. Sebelum dilaksanakannya Festival, kami dari PODSI pun melaksanakan kerja bakti membersihkan Situ agar dapat lebih nyaman saat dipergunakan, dan kami berharap Situ – Situ di Kota Depok ini bisa dijadikan sarana untuk event – event nasional bahkan internasional di masa depan”, ungkapnya.

Baca juga:  Jangan Sampai Ketinggalan! Daftar Sekarang di Audisi Paduan Suara HUT ke-78 RI yang Diselenggarakan oleh Disporyata Kota Depok

“Festival Lomba Perahu Naga ini telah menjadi atraksi budaya, yang mampu menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara, dan tradisi seperti ini memiliki nilai historis, artistik, dalam menambah khazanah budaya serta pariwisata masyarakat, khususnya di Kota Depok”, imbuhnya.

“Hal itu menjadi bukti otentik, bahwa sejarah dan tradisi ribuan tahun dari etnis tiongkok ini mampu dilestarikan serta dipadukan dalam bentuk pertandingan olahraga sehingga memberikan dampak positif terhadap generasi masa depan Kota Depok khususnya”, sambung Politisi Gerindra Kota Depok ini.

Lebih jauh Hj.Yeti menambahkan, bahwa ajang ini pun menjadi momentum bagi generasi masa depan bangsa, untuk terus mengingat tradisi kebudayaan Indonesia sebagai salah satu bangsa bahari di dunia ini.

Baca juga:  Walikota Depok Buka Seleksi Panjat Tebing Pelajar Tingkat Wilayah I Provinsi Jawa Barat

“Dari kontestasi ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap akar kebudayaannya, sambil membentuk tim Perahu Naga yang handal dan profesional hingga mampu bersaing dalam ajang kontestasi kejuaraan dunia kedepannya”, tuturnya.

“Pesan saya, jadikan ajang olahraga ini sebagai wahana untuk meningkatkan persaudaraan dalam membangun soliditas dan sportifitas yang tinggi, agar kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar, serta mari tetap junjung tinggi semangat sportifitas”, tandas Hj.Yeti Wulandari.SH.

Dengan total hadiah sebesar Rp.33 juta untuk para pemenang, ada dua kategori yang dilombakan Panpel yakni : kategori open dan lokal dengan jarak 250 meter, dan bagi masyarakat yang berminat mengikuti perlombaan ini bisa langsung menghubungi :   0877-8213-5138 (Roni) dan 0812-1337-8273 (Farhan).(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait