website statistics
26.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 8:25:17 WIB

Forum TJSL BUMN Kolaborasi Berikan Bantuan Septic Tank Komunal ke Warga di Jakarta Selatan untuk Mendukung Lingkungan dan SDGs

Jakarta | detikNews – Pertamina bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya yang tergabung dalam Forum TJSL Kementerian BUMN bekerjasama memberikan bantuan sanitasi berupa septic tank komunal. Bantuan tersebut diberikan kepada warga Kecamatan Rawa Barat di Jakarta Selatan.

Tangki septik tersebut telah selesai dibangun dan diserahkan secara simbolis kepada perwakilan masyarakat pada Senin (17/4). Direktur Eksekutif Forum TJSL BUMN I Gede Arimbawa Yasa mengatakan, ini merupakan kerjasama empat BUMN untuk melaksanakan program pilar lingkungan.

“BUMN yang bekerjasama yaitu Pertamina, Mind ID, PLN, dan Biofarma. Pemerintah daerah juga menyambut baik inisiatif ini dengan memberikan informasi lokasi warga yang membutuhkan septic tank komunal. Hal ini akan mengurangi pencemaran lingkungan dan meminimalisir pembuangan limbah secara langsung. ke sungai. Kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (26/4/2023).

Baca juga:  Heboh..! Pohon Besar Terbelah Menjadi Dua

Sementara itu, Vice President CSR dan SMEPP Management Pertamina, Fajriyah Usman, menyebutkan program ini merupakan salah satu dari beberapa program pilar lingkungan Forum TJSL.

Pertamina juga akan melakukan kegiatan lain seperti program sanitasi di beberapa daerah di Indonesia, program keanekaragaman hayati, konservasi fauna, serta pengembangan kawasan pesisir berupa desa wisata.

Baca juga:  LDJC Sukses Gelar Reuni Akbar dan Buka Puasa Bersama

“Kegiatan tersebut kami laksanakan secara konsisten dalam Forum TJSL, khususnya pada pilar lingkungan, dan bertujuan untuk memastikan keberlanjutan dan keterlibatan masyarakat. Kami berharap apa yang kami lakukan dapat bermanfaat bagi masyarakat Indonesia,” tambah Fajriyah.

Di sisi lain, Ketua RT02 RW 02 Kelurahan Rawa Barat, Jakarta Selatan, Malik, menyampaikan terima kasih kepada seluruh BUMN yang terlibat dalam pembangunan septic tank komunal tersebut.

“Ada 6 bangunan yang menjadi penerima manfaat, terdiri dari 9 KK dan 25 orang. Kami berharap dapat menjadi contoh bagi yang lain sehingga dapat memotivasi warga untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Malik.

Baca juga:  Wujudkan KLA, Sawangan Baru Gelar Sosialisasi Konvensi Hak Anak

Melalui implementasi program berbasis ESG (Environmental, Social, and Governance) di seluruh wilayah operasional, Pertamina mendukung pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs).

SDGs yang dimaksud adalah poin 6 tentang air bersih dan sanitasi, memastikan masyarakat memiliki akses terhadap air bersih dan sanitasi, serta poin 15 tentang perlindungan, pemulihan, dan perbaikan ekosistem secara berkelanjutan.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait