website statistics
22.4 C
Indonesia
Wed, 24 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Wednesday, 24 April 2024 | 7:51:01 WIB

Gambaran Awan Panas Gunung Merapi Terlihat dari Pos Pengamatan di Magelang

Jakarta l detiknews – Gunung Merapi mengalami aktivitas yang tinggi hari ini dengan memuntahkan awan panas. Hal ini terpantau dari Pos Pengamatan Gunung Merapi (PGM) Babadan, Kabupaten Magelang. Menurut Yulianto, petugas PGM Babadan, terdapat sekitar 6 kali awan panas guguran yang terjadi dari pukul 06.00 sampai 12.00 WIB dan 2-3 kali setelah pukul 12.00 WIB.

Baca juga:  Tunjukan Kinerja Mengecewakan, Bobby Nasution Copot Dirut PUD Pembangunan Kota Medan

Kegempaan yang terjadi didominasi oleh guguran dan kadang diselingi gempa Mp serta gempa di permukaan. Yulianto juga menyatakan bahwa awan panas guguran Merapi hari ini lebih kecil dibandingkan dengan kemarin. “Jadi kejadian-kejadian yang utama jam 12.00 (kemarin), sekarang di bawah itu, jadi termasuk kecil,” ujarnya.

BPPTKG mencatat bahwa aktivitas Gunung Merapi pada hari Minggu (12/3) dari pukul 00.00 hingga 06.00 WIB tercatat adanya awan panas guguran yang mengarah ke sektor barat daya. Amplitudo awan panas tercatat 31-70 mm dan durasi mencapai 60,9-190 detik.

Baca juga:  Merajut Persaudaraan dan Cinta Tanah Air, Pengajian Bulanan GP Ansor Kramat Jati Semangat Bela NKRI

Kondisi Gunung Merapi yang masih aktif memang harus selalu diwaspadai. Masyarakat yang tinggal di sekitar gunung harus memperhatikan informasi dan peringatan dari pihak berwenang serta mengikuti protokol keselamatan yang telah ditetapkan. Semoga aktivitas Gunung Merapi segera stabil dan tidak menimbulkan dampak yang merugikan. (Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait