website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 21 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 21 April 2024 | 2:17:26 WIB

Gelar Gebyar Akhir Tahun, Baznas dan Jawara Teken MoU Berikan Permodalan Bagi UMKM Kota Depok

Depok | detikNews – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Depok menggelar Gebyar Akhir Tahun Program Penyaluran Baznas Kota Depok tahun 2022 di Aula Teratai Balaikota Depok, Rabu 21/12/2022.

Dalam giat tersebut, Baznas Kota Depok melakukan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Jaringan Wirausaha (Jawara), guna meringankan beban ekonomi masyarakat dalam hal permodalan bagi para member Jawara yang masih masuk dalam kategori kurang mampu.

“Alhamdulillah, dengan adanya penandatangan MoU ini semoga Jawara Depok dapat membantu para member yang membutuhkan permodalan, bagi yang masih masuk dalam kategori kurang mampu, dan dengan adanya pendampingan, Jawara Depok diharapkan mampu mengawal penerima manfaat dari Mustahik menjadi Muzzaki”, ujar Ubaidilah Ketua Umum Jawara Depok.

Baca juga:  Pergerakan Dana Cryptocurrency: Bitcoin dan Ethereum Mengalami Penarikan Rp 14,8 Triliun dari Bursa Terpusat dalam Seminggu

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Baznas Kota Depok, Endang Ahmad Yani mengatakan, bahwa penandatanganan MoU tersebut adalah salah satu bentuk kepedulian sosial Baznas, kepada para pelaku UMKM di Kota Depok, dalam mewujudkan target Pemkot Depok terkait program usaha baru bagi masyarakat.

“Penandatangan MoU dengan Jawara bertujuan untuk membantu Pemerintah Kota (Pemkot) Depok melahirkan 5.000 usaha baru, dan 1.000 perempuan pengusaha”, ujarnya.

Lebih lanjut Endang menambahkan, bahwa dengan adanya pelaksanaan kegiatan ‘Gebyar’ tersebut, diharapkan dapat meringankan beban perekonomian masyarakat Kota Depok.

Baca juga:  Terapkan Strategi Pengendalian Inflasi, Walikota Depok Pastikan Pasokan Pangan Selama Ramadhan 1444H Aman

“Pada kegiatan ini, kami menjabarkan beberapa kegiatan yang sedang dikerjakan antaralain : pemberian Hibah empat buah Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Beras untuk empat Masjid, penyaluran beras melalui 32 Masjid sebanyak 13,4 ton, pemberian BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan untuk 32 Marbot Masjid, serta bantuan dana dan beras untuk 152 Guru Ngaji Lekar”, tambah Endang.

“Kemudian, memberikan Hibah sebagai modal untuk 696 orang, memberikan bantuan kepada 231 Santri Pesantren, dan pelajar SMA-SMK, penebusan ijazah alumni SMA-SMK, Peduli Guru Ngaji Lekar, Peduli Pesantren serta memberikan 24 Gerobak sebagai modal penjualan Z-Chicken di dua Kecamatan dan sebelas Kelurahan”, sambungnya.

Baca juga:  Proyek Kripto Terbaru dari Bos Perusahaan AI: Penawaran Fitur Paspor Digital yang Mengagumkan!

Endang mengungkapkan, bahwa dalam kegiatan tersebut, Baznas Kota Depok juga turut men-sosialisasikan beberapa program unggulan, yang bertujuan meningkatkan perekonomian masyarakat Kota Depok.

“Baznas Kota Depok juga menjalankan sejumlah program unggulan yaitu : program Srikandi Pejuang Ekonomi Keluarga (SRIPEK), untuk membantu para perempuan di Kota Depok dalam meningkatkan penghasilan ekonomi keluarganya”, papar Endang.

“Lalu, program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Berbasis Masjid dilakukan guna mengembangkan fungsi Masjid menjadi sarana edukasi, ritual keagamaan, konseling, sosial bahkan menjalankan fungsi finansial”, sambungnya.

“Semoga program-program ini dapat meringankan beban ekonomi masyarakat dan tepat kepada sasaran penerima program,” harapnya.(Roni)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait