website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 29 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 29 March 2024 | 4:21:38 WIB

Gelar Giat Fun Gathering SPKK dan UPKK, Kartika Sari Harapkan para Perempuan Mampu Menjadi Pilar Utama Pembangunan Bangsa

Depok | detikNews – Dalam rangka membentuk serta meningkatkan soliditas antar sesama pengurus, Seksi Perempuan dan Ketahanan Keluarga (SPKK), bersama Unit perempuan Ketahanan Keluarga (UPKK) PKS Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, gelar acara giat ‘Fun Gathering’ di Studio Alam TVRI, Jl. Studio Alam TVRI, Kelurahan Sukmajaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat.

Kartika Sari.S.Pd, selaku Ketua Seksi Perempuan dan Ketahanan Keluarga (SPKK) PKS Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok mengatakan, bahwa SPKK merupakan Seksi yang mempunyai konsentrasi khusus dalam pemuliaan terhadap kaum perempuan, dan bidang yang berperan dalam mewujudkan ketahanan bagi anggota PKS pada khususnya, dan bagi mayarakat luas pada umumnya.

“Terwujudnya ketahanan nasional tidak terlepas dari peran keluarga, karena keluarga merupakan pilar pertama, dan utama dalam membangun bangsa yang merupakan unit terkecil yang menentukan bangsa. Acara ini kami lakukan secara out door, dengan tujuan agar pengurus Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga, baik ditingkat Daerah maupun Kelurahan dapat meningkatkan soliditas, dan kreatifitas agar kegiatan-kegiatan kemasyarakatan yang kami programkan, benar-benar bisa lebih terasa kebermanfaatannya”, ucap Ika, Minggu 7/8/2022.

Baca juga:  Sosialisasikan Logo Baru Lewat Aksi Flashmob Ratusan Kader PKS DPC Panmas Bikin Heboh Jalan Nusantara Raya dan ARH

“Ketahanan keluarga mencerminkan kecukupan, dan kesinambungan akses suatu keluarga terhadap pendapatan, serta sumber daya agar mampu memenuhi kebutuhan dasarnya seperti : pangan, air bersih, pelayanan kesehatan, pendidikan, perumahan, partisipasi di dalam masyarakat, serta integrasi sosial”, sambungnya.

Kader PKS yang super aktif ini menjelaskan, bahwa peran pendidik dalam keluarga sangat ditentukan oleh kualitas dan kapasitas perempuan (baik sebagai ibu ataupun sebagai isteri) yang ada dalam lingkup keluarga. Dirinya meyakini bahwa penguatan peran perempuan harus dibangun atas dua dimensi peran yakni : peran asasi sebagai istri dan ibu, serta peran perluasan sebagai anggota masyarakat yang memiliki kewajiban menyuarakan kepentingan politik perempuan, dan memberi edukasi terkait hal-hal yang baik kepada perempuan.

Baca juga:  Kronologi Tawuran di Cilincing Jakarta Utara yang Melukai Polisi, Berhasil Ditangkap 5 Remaja oleh Polres Metro Jakut

“Indikator-indikator kualitas keluarga di Indonesia mencakup kualitas dan ketahanan dalam hal kecukupan akses terhadap ekonomi, sampai ketahanan terhadap rasa peduli, serta keeratan sosial. Angka iindikator kualitas keluarga disajikan pada tingkat nasional, sehingga secara umum kita dapat mengetahui kualitas dan ketahanan keluarga yang ada disetiap daerah. Angka indikator kualitas keluarga per provinsi bukan untuk membuat peringkat, melainkan memacu pemerintah daerah maupun pemerintah pusat agar berupaya meningkatkan kebutuhan dasar keluarga”, jelas Ika.

“Dalam upaya pelaksanaan pembangunan kualitas keluarga responsif gender, mengacu pada konsep ketahanan keluarga sebagimana diatur dalam Peraturan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nomor 6 Tahun 2013, tentang pembangunan keluarga yang terdiri dari 5 komponen ketahanan yaitu: (1) landasan legalitas perkawinan, keutuhan keluarga, kemitraan gender dalam keluarga, (2) ketahanan fisik, (3) ketahanan ekonomi, (4) ketahanan psikologi sosial dan (5) ketahanan sosial budaya”, ungkap Ika.

Baca juga:  Resmi!! Serahterima Jabatan Kalaksa BPBD Jatim

Lebih jauh Srikandi PKS ini berharap, dengan adanya kegiatan ‘Fun Gathering’ jajarannya semakin semangat dalam mengarungi perjuangan para wanita di Kota Depok, untuk mewujudkan ketahanan keluarga yang handal, menuju kehidupan bangsa yang sejahtera merata disemua element masyarakat.

“Saya berharap, kegiatan ini mampu memberikan semangat baru bagi para kader SPKK Kecamatan Pancoran Mas, untuk dapat meningkatkan kualitas kinerjanya guna terciptanya wanita-wanita Kota Depok yang semakin cerdas, dan handal, dalam upaya membantu Pemerintah mewujudkan generasi bangsa yang semakin Maju, Berbudaya, dan Sejahtera”, lanjutnya.

“Untuk itu, saya berharap adanya dukungan aktif dari semua pihak, untuk sama-sama bersinergi bersama kami di SPKK, agar segera terwujud tatanan masyarakat yang mandiri, handal, dan berkualitas menuju kehidupan yang sejahtera merata bersama-sama”, tutup Ika.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait