website statistics
22.4 C
Indonesia
Sat, 2 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Saturday, 2 March 2024 | 6:39:14 WIB

Gelar Lomba Karaoke, Andi Saputra Ajak Warga Saboci Ukir Prestasi dan Membangun Hidup Sehat

Depok | detikNews – Sahabat Andi Hunter (SAH) Relawan Tim Sukses (Timses) Andi Saputra Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPRD Kota Depok dari Partai Gerindra Daerah Pemilihan Sawangan – Bojongsari – Cipayung (Saboci) gelar acara Lomba Karaoke untuk warga Saboci di Graha Jingga Caffe and Venue tanpa dipungut biaya alias Gratis, waktu pendaftaran dibuka mulai tanggal 3 – 10 Maret 2023, dan dengan kriteria usia diatas 17 tahun.

Andi Saputra (Andi Hunter) mengatakan, bahwa kegiatan acara tersebut dilakukan, selain sebagai bentuk sosialisasi atas pencalonan dirinya pada Pileg 2024 mendatang, juga sebagai bentuk edukasi positif tentang kreatifitas seni, serta bertujuan membangun mental dan kepercayaan diri masyarakat untuk bisa tampil didepan khalayak ramai.

“Momentum Lomba Karaoke ini di samping untuk sosialisasi pencalonan saya menuju Pileg 2024 mendatang, juga sebagai bentuk penjaringan potensi SDM masyarakat terkait bakat seni nya, dan yang tidak kalah bermanfaat adalah sebagai sosialitas atau ajang silaturahmi antar peserta dari wilayah Saboci, serta meningkatkan kreativitas serta memperluas paradigma berpikir kita”, ucap Andi Kamis 2/2/2023.

Baca juga:  Antara PKS dan PPP, Sandiaga Uno Memilih Bersikap Mesra dengan PKS

“Sepintas bagi orang awam akan berfikir acara ini sebagai kegiatan yang tanpa manfaat. Namun dibalik itu, tanpa kita ketahui dengan memberikan wadah bagi masyarakat dalam mengekpresikan diri lewat bernyanyi, sangat banyak hal – hal positif yang notabene bisa menghilangkan segala bentuk permasalahan krusial yang kerap dialami warga dalam kehidupannya sehari – hari, terutama pada aspek kesehatan”, sambungnya.

Andi Saputra menjelaskan, bahwa dengan bernyanyi akan membuat otot pernapasan menjadi kuat, meningkatkan jumlah oksigen dalam darah, dan dapat meningkatan suasana hati serta rasa hubungan sosial yang lebih besar.

“Buat kesehatan bernyanyi itu bisa meningkatkan fungsi paru-paru, karena dalam bernyanyi dibutuhkan teknik pernapasan yang baik, dan juga melatih teknik pernapasan sehingga udara yang masuk ke dalam paru-paru lebih teratur. Penelitian telah menunjukkan, teknik pernapasan yang digunakan dengan bernyanyi dapat memberikan manfaat bagi orang-orang dengan kondisi :Gangguan paru obstruktif kronik (PPOK), Asma, Fibrosis kistik, Kanker, Sklerosis ganda, Quadriplegia, serta mampu menghilangkan stress”, ungkap Andi.

Baca juga:  Perkuat Integeritas Pengawas TPS, Panwascam Tapos Gelar Pelantikan dan Sumpah

“Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017 telah mengukur jumlah kortisol, hormon stres, dalam air liur peserta sebelum dan sesudah mereka bernyanyi. Studi tersebut menemukan, ternyata jumlah kortisol bisa lebih rendah setelah bernyanyi. Hal ini dipercaya orang-orang karena akan merasa lebih rileks setelah mereka menyanyikan sebuah lagu. Selain itu, bernyanyi juga dapat mengurangi stres baik saat sendiri maupun dengan kelompok”, jelasnya.

Tokoh Aktifis muda ini menambahkan, bahwa bernyanyi memang tidak dapat langsung mengobati penyakit. Namun, dengan bernyanyi akan membuat otot pernapasan menjadi kuat, meningkatkan jumlah oksigen dalam darah, dan akan mampu meningkatan suasana hati, serta rasa hubungan sosial yang lebih besar.

“Untuk menyelenggarakan suatu event lomba memang diperlukan kejelian dalam pengelolaan manajemen mulai dari diseminasi, pelaksanaan, evaluasi, sampai tindak lanjut. Tujuan penyelenggaran harus jelas disertai dengan kontinuitas pasca penyelenggaraan tersebut. Jangan sampai pasca lomba tidak ada tinjak lanjut, sehingga kesan lomba hanya sekadar menuntaskan program kerja semata”, imbuhnya.

Baca juga:  Mengintip Aktivitas Gunung Merapi dari Pos Babadan Jelang Libur Lebaran

“Kompetisi ini akan sangat membantu kita untuk semakin terlatih, dan hal itu akan membuat kita semakin kuat dan tidak mudah putus asa sehingga makin sukses dalam menggapai masa depan”, lanjutnya.

“Oleh karena itu, kami mengajak khususnya bagi masyarakat Saboci untuk ikut serta mendaftarkan diri dalam kegiatan yang akan kami laksanakan, guna membangun mental yang kuat serta tubuh yang sehat untuk menghadapi pesta Demokrasi 2024 mendatang. Karena ketika kita telah merasa sehat tentunya kita akan mampu membawa wilayah minimal Saboci maksimal Kota Depok menjadi tolok ukur suksesnya pembangunan di seluruh aspek kehidupan masyarakat”, pungkas Andi Saputra.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait