website statistics
27.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 18:00:09 WIB

Gelar Market Day, SDN Sukmajaya 5 Depok Bersama Ortusis Implementasikan P5

Depok | detikNews – Salah satu tema dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) adalah ‘Kewirausahaan’. Setelah melalui rangkaian proses, SDN Sukmajaya 5 yang berada di Jalan Pondok Sukmajaya Permai 1, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, bersinergi bersama Orangtua Siswa (Ortusis) menggelar ‘Market Day’ dihalaman sekolah pada Sabtu, 24/12/2022.

Terlihat, belasan Stand Display yang sudah di hias cantik dan menarik berdiri berjajar di sepanjang dan lebar halaman SDN Sukmajaya 5 tersebut.

Berbagai jajanan lokal, hingga jajanan khas daerah ditawarkan, mulai dari : Donat, Risoles, Lemper, Kue Tape, Wajik, Puding, Uli, Dodol hingga minuman Ice Teh Pandan tersedia disana.

Pada setiap Stand tersebut, ada murid SDN Sukmajaya 5 yang mengenakan pakaian kebaya untuk siswinya, dan siap memberikan pelayanan bagi para pembeli.

Baca juga:  Gagas Parawisata Berkelanjutan, Mahasiswi UPER Rebut Juara ASEAN-Chinda-India Summit 2023

‘Market Day’ yang digelar SDN Sukmajaya 5 Depok terlihat keren, apik, dan kreatif, ditambah adanya dua ondel-ondel yang telah dipercantik dengan hiasan-hiasannya, semakin memeriahkan giat ‘Market Day’ tersebut.

Kepala Sekolah SDN Sukmajaya 5, Emi Suhaena mengatakan, bahwa kegiatan tersebut termasuk dalam Kurikulum Merdeka. Hal itu sebagai bagian dari pengimplementasian P5.

“Market Day ini bertujuan memberikan pendidikan kewirausahaan kepada siswa sejak dini, dan alhamdulillah siswa maupun orangtua siswa sangat antusias memeriahkan dan mensukseskan giat ini”, ujar Emi.

“Para orangtua siswa benar-benar kompak, mereka tidak memikirkan untung dan ruginya. Dari stand hingga hiasannya, mereka semua yang mengadakan, bahkan hingga sampai jam 12 malam. Saya sangat terharu dengan kekompakan dan semangat mereka”, tambahnya.

Baca juga:  Bimbingan Teknis Dindikbud Kabupaten Pemalang: Penyusunan Perangkat Ajar ATP-MA Pendidikan Kesetaraan Tahun 2023 dengan Konsep Unik

Hal senada juga dikatakan Annisa Ketua Komite SDN Sukmajaya 5 yang menyebutkan, bahwa giat tersebut adalah pengimplementasian P5, dimana siswa bisa lebih menghayati dan mengamalkan Pancasila.

“Di semester satu temanya adalah kearifan lokal, karena kita berada di Depok, maka budaya Depok yang kita kenalkan ke siswa”, ujar Annisa.

Di Market Day ini, lanjutnya, selain mengenalkan anak pada bidang kewirausahaan, anak-anak juga dapat mengenal lebih dalam lagi kebudayaan Depok.

“Setidaknya melalui makanan, anak-anak tau ciri khas Depok. Proses pembuatan makanan pun juga dipraktekan oleh para siswa misalnya, cara pembuatan Uli”, tuturnya.

Lebih detail dijelaskannya, untuk hias Stand juga mempunyai tema masing-masing, diantaranya ada yang bertema : Kembang Goyang, Tanjidor, Lenong dan juga Gong Si Bolong.

Baca juga:  Semua Warga Sekolah, Guru, Siswa, Komite Sekolah Dan Wali Siswa Harus Bisa Berkolaborasi Untuk Mencapai Tujuan Sesuai Dengan Visi Misi Sekolah

Untuk kedepannya Annisa berharap, antara orang tua murid, Komite, dan pihak sekolah makin kompak dan saling mensupport.

“Karena masih ada program-program selanjutnya yang akan di laksanakan untuk mensukseskan dunia pendidikan, dan juga kemajuan SDN Sukmajaya 5, diantaranya adalah : sarana dan prasarana, serta pengembangan SDM, bagi orangtua siswa dan murid, ungkapnya.

Ditempat yang sama, orangtua siswa kelas satu, Vivi mengungkapkan rasa senangnya dengan terlaksananya ‘Market Day’ yang sukses dan meriah.

“Alhamdulillah, kegiatan Market Day di SDN Sukmajaya 5 telah berjalan sukses dan meriah. Untuk Persiapannya kami saling berkerjasama, bantu membantu. Semua saling bersinergi antara pihak sekolah, Komite dan ortu siswa”, ujarnya.

“Mudah-mudahan, SDN Sukmajaya 5 Lebih maju, lebih baik, lebih nyaman”, tutup Vivi.(Emy)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait