22.3 C
Indonesia
Rab, 29 Maret 2023
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.3 C
Indonesia
Rabu, 29 Maret 2023 | 14:25:57 WIB

Gelar Sosialisasi Pomdam Jaya: Gaktib dan Yustisi untuk Mewujudkan Ketertiban dan Keamanan

Jakarta | detikNews – Pada hari Kamis, 16 Maret 2023, Pomdam Jaya menyelenggarakan sosialisasi mengenai Operasi Gaktib dan Yustisi untuk para pejabat pengamanan dan intel satuan jajaran Kodam Jaya. Acara tersebut dilaksanakan di Mapomdam Jaya yang terletak di Jalan Sultan Agung No. 33, Jakarta Selatan. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Danpomdam Jaya yang diwakili oleh Wadan Pomdam Jaya, Letkol Cpm Sutrisno, S.E,- M.Si. Sosialisasi tersebut dihadiri oleh sejumlah pejabat Pengamanan/Intel satuan jajaran Kodam Jaya.

Dalam sambutan Wadan Pomdam Jaya yang dibacakan atas nama Danpomdam Jaya, disampaikan rasa terima kasih atas kehadiran peserta sosialisasi. Sosialisasi Operasi Gaktib dan Yustisi ini bertujuan untuk mengajak unsur pimpinan kesatuan, khususnya pejabat pengamanan, untuk melakukan antisipasi dan pencegahan dini terhadap anggotanya. Diharapkan hal ini dapat menekan angka pelanggaran yang dapat menimbulkan kerugian baik personil maupun materiil.

Baca juga:  Program 'Polri Mengajar' Digelar Polda Metro untuk Mencegah Penyalahgunaan Gadget

Pelaksanaan operasi Gaktib dan Yustisi untuk meningkatkan profesionalisme petugas dan subjek hukum melalui upaya edukasi. Operasi ini merupakan bagian dari upaya pencegahan dan penyelesaian pelanggaran hukum bagi prajurit.

Tema Ops Gaktib dan Yustisi TA 2023 adalah “Polisi Militer Siap Meningkatkan Ketaatan Hukum, Disiplin dan Tata Tertib Prajurit Guna menjadi Patriot NKRI, dalam rangka mendukung Pembangunan Nasional”.

Kasi Idik Pomdam Jaya Mayor Cpm Walimin, S.H. memberikan informasi yang lengkap dan jelas mengenai teknis pelaksanaan Ops Gaktib dan Yustisi. Selain itu, berbagai perkara menonjol juga disampaikan oleh Kasi Idik sebagai upaya untuk mencegah terulangnya perkara-perkara tersebut di lingkungan Satuan TNI khususnya di satuan jajaran Kodam Jaya.

Baca juga:  Laporan Transaksi Senilai Rp 300 Triliun Menjadi Topik Pembicaraan antara PPATK dan Sri Mulyani

Tujuan kegiatan Operasi Gaktib dan Yustisi adalah untuk meningkatkan kepatuhan hukum, disiplin, dan tata tertib prajurit TNI baik perorangan maupun kesatuan. Selain itu, operasi ini juga bertujuan untuk menciptakan prajurit yang memiliki jiwa patriotik, profesional, modern, dan tangguh. Terwujudnya prajurit TNI yang bermoral, berdedikasi, loyaltas tinggi serta bermental Sapta Marga menjadi tujuan utama dalam operasi ini. Selain itu, operasi ini juga bertujuan untuk menciptakan citra prajurit TNI yang baik di lingkungan masyarakat dalam mewujudkan bersama Rakyat TNI Kuat dan Menjaga Netralitas TNI dan Loyal kepada konstitusi Negara.

Baca juga:  Pemerintah Provinsi NTB Memastikan Tidak Terjadi Penjualan Aset di Gili Trawangan

Sosialisasi tentang pelaksanaan Operasi Gaktib dan Yustisi berjalan lancar, tertib serta seluruh peserta nampak penuh antusias mengikuti prosesi pelaksanaan kegiatan sosialisasi tersebut. Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2023 diberi sandi “Operasi Gaktib Waspada Wira Golok 2023” dan “Operasi Yustisi Citra Wira Golok 2023” TA 2023. Dengan adanya operasi ini diharapkan dapat menciptakan prajurit TNI yang lebih disiplin, taat hukum, dan memiliki mental yang tangguh dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan. (Edh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru