website statistics
26.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

26.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 10:02:42 WIB

Gempa Bumi dengan Kekuatan Magnitudo (M) 4,2 Terjadi di Kabupaten Jayapura, Papua: BMKG Berikan Peringatan Dini

Jayapura | detikNews – Pada Kamis (13/4/2023) pukul 23.57 WIB, sebuah gempa bumi dengan kekuatan magnitudo (M) 4,2 terjadi di Kabupaten Jayapura, Papua. Gempa ini terjadi pada kedalaman 10 kilometer dan berada pada titik koordinat 2,20 lintang selatan dan 140,07 bujur timur.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitter-nya menginformasikan bahwa gempa tersebut terjadi 90 km timur laut Kabupaten Jayapura, Papua.

Baca juga:  Sabang, Aceh Diguncang Gempa Bumi Berkekuatan M 4,7

Meskipun informasi ini mengutamakan kecepatan, BMKG juga menyatakan bahwa hasil pengolahan data belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data. Oleh karena itu, para ahli dan petugas penanganan bencana di Papua tetap harus waspada dan siap untuk mengambil tindakan yang diperlukan.

Gempa bumi merupakan fenomena alam yang tidak bisa diprediksi dengan tepat. Namun, dengan adanya teknologi yang semakin canggih, seperti seismograf dan jaringan sensor gempa yang terintegrasi, BMKG dan para ahli bencana dapat memberikan peringatan dini dan informasi yang cepat kepada masyarakat ketika terjadi gempa.

Baca juga:  Prakiraan Cuaca Besok 16 Juni 2023 Jakarta: Periksa Disini untuk Informasi BMKG

Kita semua harus selalu waspada dan mengikuti arahan dari BMKG dan pihak berwenang ketika terjadi gempa atau bencana alam lainnya. Kesiapsiagaan dan kerjasama antarlembaga dan masyarakat sangat penting untuk mengurangi dampak dari bencana alam tersebut.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait