website statistics
30.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 11:31:25 WIB

Gempa M 3,5 Terjadi di Sumur, Banten: BMKG Laporkan Kondisi Terkini Melalui Twitter”

Banten | detikNews – Pada Kamis, 11 Mei 2023, terjadi gempa dengan kekuatan magnitudo (M) 3,5 di daerah Sumur, Banten. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan melalui akun Twitter resminya bahwa gempa terjadi sekitar 77 km di sebelah barat laut Sumur-Banten.

Gempa terjadi pada kedalaman 10 kilometer dan tercatat pada pukul 02.03 WIB. Titik koordinat gempa terletak di 6,41 lintang selatan dan 104,93 bujur timur. Namun, BMKG menekankan bahwa informasi ini masih berupa hasil pengolahan data awal dan belum stabil, sehingga kemungkinan masih bisa berubah seiring dengan kelengkapan data yang lebih lengkap.

Baca juga:  Rekor Tertembus! PT Kereta Commuter Indonesia Angkut 3 Juta Penumpang Selama Libur Lebaran 2023

Gempa dengan kekuatan magnitudo (M) 3,5 termasuk dalam kategori gempa kecil, namun tetap perlu diwaspadai karena dapat menimbulkan getaran yang dirasakan oleh manusia dan merusak bangunan yang lemah. Oleh karena itu, masyarakat di sekitar wilayah gempa diminta untuk tetap tenang dan mengikuti instruksi dari pihak yang berwenang.

Kegempaan sering terjadi di wilayah Indonesia karena Indonesia berada di lingkungan Cincin Api Pasifik, yaitu wilayah yang penuh dengan aktivitas gempa dan gunung berapi. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat Indonesia untuk selalu siap menghadapi bencana gempa dan memperkuat bangunan agar dapat bertahan saat terjadi gempa yang lebih besar.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait