website statistics
27.4 C
Indonesia
Wed, 19 June 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Wednesday, 19 June 2024 | 18:42:07 WIB

Gempa Micro-Scale dengan Kekuatan 2,3 Magnitudo Mengguncang Wilayah Garut, Jawa Barat

Jakarta | detikNews.co.id – Gempa bumi adalah salah satu fenomena alam yang tidak bisa diprediksi kapan dan di mana terjadi. Pada Jumat (24/3/2023) pukul 02.15 WIB, sebuah gempa bumi dengan magnitudo 2,3 mengguncang Garut, Jawa Barat. Meskipun gempa ini tidak menimbulkan potensi tsunami, namun tetap membuat warga setempat merasa khawatir.

Menurut laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), titik gempa berada di 7.21 lintang selatan dan 107.82 bujur timur dengan jarak 8 km dari arah barat laut Garut. Gempa ini memiliki kedalaman 142 km.

Baca juga:  Tim Dinas Damkar Depok Berhasil Evakuasi Dua Ular Sanca di Lokasi Berbeda

Meskipun gempa ini memiliki magnitudo yang kecil, namun tetap dapat dirasakan oleh warga setempat. Beberapa warga yang merasakan gempa ini mengaku merasakan getaran dan berguncangnya rumah mereka. Namun, tidak ada laporan kerusakan atau korban jiwa akibat gempa ini.

BMKG menyatakan bahwa pengolahan data mengenai gempa ini masih belum stabil dan bisa berubah seiring kelengkapan data yang diperoleh. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan mengikuti perkembangan informasi terkait gempa ini.

Baca juga:  Dandim Bengkalis Bersama Prajurit Datangi Mapolres Bengkalis 

Gempa bumi sering terjadi di wilayah Indonesia karena letak geografisnya yang berada di jalur cincin api Pasifik. Oleh karena itu, masyarakat di Indonesia harus selalu waspada dan siap menghadapi bencana alam ini.

Untuk meminimalisir dampak dari gempa bumi, masyarakat harus memiliki pengetahuan dan kesiapan dalam menghadapi bencana alam ini. Selain itu, pemerintah juga harus terus meningkatkan sistem peringatan dini dan penanggulangan bencana alam, sehingga dapat meminimalisir kerugian yang ditimbulkan akibat bencana alam ini.

Baca juga:  Penelitian Mendalam Kejari Bogor terhadap Berkas Perkara Mutilasi yang Melibatkan Tersangka Dedy

Dalam kesempatan ini, mari kita doakan agar masyarakat di Garut, Jawa Barat dan seluruh Indonesia selalu diberikan perlindungan dan kekuatan untuk menghadapi bencana alam ini. (Sl)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait