website statistics
28.4 C
Indonesia
Wed, 28 February 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Wednesday, 28 February 2024 | 16:26:29 WIB

Gubernur DKI Jakarta Memotong Hewan Kurbannya Sendiri Setelah Melaksanakan Sholat Idul Adha di JIS

Reporter: Sawijan

Jakarta | detikNews – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan setelah sholat Idul Adha menyembelih hewan kurbannya sendiri, yaitu kurban sapi dengan jenis sapi Brahman seberat 1 ton di Masjid dekat kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (10/7).

Anies juga menulis di akun twreter miliknya @aniesbaswedan Hari ini rencananya hanya memotong hewan kurban sendiri, ternyata masih ada beberapa hewan yang belum disembelih, jadi sekalian dipotongkan. Alhamdulillah, saya dapat tugas menyembelih 3 kambing dan 2 sapi hari ini,” ungkapnya.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan datang diiringi anak-anak kecil sekitar pukul 11.10 WIB.

Ia kemudian jalan mengambil golok yang telah disediakan panitia untuk menyembelih hewan kurban miliknya, yaitu sapi Brahman yang beratnya sampai 1 ton.

Baca juga:  Razia Parkir Liar, 30 Motor Terkena Sanksi Khusus, 8 Mobil Ditahan dengan Gembok

Setelah itu seperti biasa Gubernur yang tergolong paling dekat dengan rakyatnya pun akhirnya Anies bercerita, menyembelih hewan kurban sendiri merupakan kebiasaan yang ia lakukan sejak kecil. Hal itu seperti sebuah tradisi di keluarganya.Sapi adalah kurban keluarga kami,” tuturnya.

Saya sendiri yang potong. Dan memang bagian dari keluarga kita,” tutur Anies di lokasi pemotongan hewan kurban tersebut.

Ia mendapatkan ilmu menyembelih hewan kurban itu diajarkan langsung oleh sang ayah. Baginya, menyembelih hewan kurban dengan tangan sendiri merupakan pengalaman yang unik dan berkesan, sehingga ia lestarikan hingga sekarang ini,” ungkapnya.

Baca juga:  Penundaan Sidang Gugatan: Pemerintah Belum Siap Menjawab Isu 'OJK Sebagai Penyidik Tunggal' dalam UU P2SK Tahun 2023

“Saya ingat masa kecil itu diajari oleh ayah, kalau beliau itu potong kambing bukan sapi.

Pengalaman yang unik bagi kita semua pada masa itu dan sekarang kita sudah dewasa kita yang melaksanakan,” ungkapnya.

Jadi pemotongan sapi saya ini kulakukan sendiri alhamdulillah lancar Insyaallah hari ini bisa tuntas semua dibagikan kepada yang berhak menerimanya,” imbuhnya.

Sebelum ini, Anies menyerahkan hewan kurban sapi berjenis limosin seberat 1,2 ton usai menunaikan ibadah salat Idul Adha di Jakarta International Stadium (JIS),S unter kec. Tanjung priuk Jakarta Utara.

Baca juga:  Truk Buang Tinja Sembarangan Ganggu Kenyamanan Warga Jakarta, Heru Budi Minta Izin Operasi Dicabut

Ungkapnya, izinkan dalam kesempatan lagi, hari ini kami menyerahkan hewan kurban seekor sapi seberat 1,2 ton yg sudah diperiksa oleh Dinas Ketahananan Pangan, Pertanian dan Perternakan, dan dinyatakan sehat,” kata Anies Gubernur Dki Jakarta.

Anies menyerahkan empat ekor sapi pada Idul Adha pada kali ini. Keempat sapi itu ia serahkan ke tempat pemotongan hewan di Cakung, juga Kuningan, Jawa Barat. lalu di Masjid Kampus Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, dan di Masjid dekat kediaman Anies di Lebak Bulus (10/7/2022) Jakarta selatan. (sw)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait