website statistics
27.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 19:12:43 WIB

Gubernur Kalbar Soroti Masalah Keamanan di PLBN Entikong Karena X-Ray dan CCTV Tidak Berfungsi

Kalimantan Barat | detikNews – Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji, baru – baru ini mengunjungi Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong, di Kabupaten Sanggau dan menemukan mesin X-ray dan kamera CCTV yang tidak berfungsi dengan baik.

“Saat ini saya sedang berada di terminal keberangkatan Pos Lintas Batas Entikong. Mesin X-ray jalur keberangkatan sudah 6 bulan rusak, dan kamera CCTV sudah tidak beroperasi selama setahun”, kata Sutarmidji dalam keterangannya, Sabtu 11/3/2023.

Ia mengatakan, persoalan tersebut sudah dilaporkan, namun belum juga diselesaikan.

Baca juga:  Dibawah Guyuran Hujan Satlantas - Dishub Pemalang Tangani Trouble Lampu Merah

“Ada dua hal yang perlu segera dibenahi. Mudah-mudahan bisa cepat diselesaikan”, ucap Sutarmidji.

Sutarmidji menegaskan, ini bukan masalah sepele, karena bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan antar negara.

“Kita tidak tahu kalau ada barang yang tidak boleh masuk ke Malaysia. Akan repot kalau ada barang yang tidak boleh masuk. Kita bisa coba bantu dengan kamera CCTV. Kita harus tanggap terhadap isu – isu seperti ini’, terang Sutarmidji.

Baca juga:  Aksi Pemukulan dan Pengeroyokan Terhadap Wartawan Berbuntut Panjang, Ratusan Wartawan Gruduk Mapolda Menuntut Keadilan

Titik Lintas Batas Entikong terletak di Persimpangan Malindo di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Sering disebut sebagai titik lintas batas pertama di Indonesia karena mulai beroperasi pada 1 Oktober 1989.

Awalnya dikelola oleh Kabupaten Sanggau, Titik Lintas Batas Entikong kini dikelola oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat dan berada di bawah naungan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Kementerian Dalam Negeri.

Titik Penyeberangan Perbatasan Entikong mengalami renovasi sekitar tahun 2015-2016. Pasca renovasi, gerbang perbatasan Indonesia menjadi kebanggaan baru, tampil jauh lebih megah dibanding gerbang perbatasan di Tebedu, Sarawak, Malaysia.

Baca juga:  Berikut 5 Fakta Menarik Terkait Kebakaran di Pasar Cineam Tasikmalaya

Apalagi ada satu spot yang sering dicari pengunjung saat berkunjung ke situs ini yaitu :  Monumen Pancasila. Letaknya tepat di depan gedung titik lintas batas atau di dalam kawasan perbatasan.

Monumen ini semakin terkenal, setelah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia sering mengadakan acara lintas batas di berbagai Titik Lintas Batas Nasional.(Nawi)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait