website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 21 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 21 April 2024 | 3:33:23 WIB

Gubernur Sumsel Apresiasi Festival Lomba Layang Aduan yang Diselenggarakan oleh DPD Perlasi

Palembang | detikNews Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru, semakin gencar mempromosikan olahraga di masyarakat, salah satunya adalah olahraga layang-layang aduan. Menurut Herman Deru, meski tergolong olahraga yang sederhana, namun olahraga ini memiliki manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Ia juga menekankan pentingnya melibatkan anak-anak dalam kegiatan olahraga ini untuk menumbuhkan minat berolah raga sejak dini.

“Olahraga layang – layang aduan ini memang ringan dilakukan, namun memiliki manfaat besar bagi kita. Karena itulah kita harus ajak masyarakat agar gemar untuk berolahraga ini,” kata Herman Deru ketika membuka Lomba Layangan Aduan yang digelar oleh DPD (Persatuan Layangan Aduan Seluruh Indonesia) Perlasi Sumsel di lapangan areal Bowling Centre Jakabaring Palembang, Sabtu (18/3/2023).

Baca juga:  LSM MAK Desak Kapolda Sumsel Untuk Segera Menangkap Terduga Pemilik BMM Ilegal
 Terlebih, olahraga layang-layang aduan ini dapat dilakukan oleh semua kalangan masyarakat, termasuk anak-anak. “Salah satu manfaatnya adalah kesehatan, karena dengan olahraga layang-layang aduan ini kita melakukan olah gerak tubuh,” terangnya.
Oleh karena itu, lanjutnya, untuk menarik minat berolahraga sejak dini, Herman Deru menekankan agar ke depannya Perlasi dapat melibatkan anak-anak disetiap lomba layang-layang aduan yang digelar. “Olahraga ringan seperti ini harus melibatkan anak-anak. Karena saat ini, anak-anak sangat minim melakukan kegiatan olah tubuh yang menyehatkan. Saya harap nantinya, lomba ini dibuat dalam kelompok usia sehingga semua masyarakat bisa mengikutinya,” ujarnya.
Bahkan, Herman Deru pun menyarankan agar Perlasi dapat masuk ke sekolah-sekolah untuk menggelar kegiatan tersebut.
Sementara itu, ketua DPD Perlasi, Ponco Darmono ,SE menyambut baik saran dari Gubernur Sematera Selatan.
“Bila memungkinkan, kegiatan ini juga bisa dilakukan di sekolah-sekolah. Hal ini penting, agar mereka tidak anti sosial karena hanya fokus bermain sendiri menggunakan ponsel. Jadi selain menyehatkan, olahraga ini dapat menjadi sarana silahturahmi,” paparnya.
Menurutnya, olahraga layang-layang aduan sendiri memiliki berbagai manfaat, termasuk perkembangan tumbuh kembang anak, seperti melatih motorik kasar, sinkronisasikan antara mata dan tangan, belajar berbagi, mempererat silahturahmi, melatih sportivitas, kreativitas, dan kepercayaan diri. Sementara itu, jelasnya.
Ponco Darmono mengatakan, pihaknya terus mengupayakan agar kegiatan layang layang aduan ini terus masif dilakukan. Dengan langkah itu, optimis jika olahraga layang – aduan ini dapat semakin mendunia.
“Kita sangat apresiasi daerah yang terus rutin menggelar kegiatan seperti ini. Kita harapkan kegiatan ini dapat semakin mempererat silahturahmi,” katanya.
Ponco mengungkapkan, pihaknya berharap olah raga layang-layang aduan ini dapat menjadi salah satu Cabang Olahraga (Cabor) resmi yang dapat dipertandingkan pada event olahraga.
“Kita terus mengupayakan layang-layang aduan ini masuk dalam cabor resmi yang dipertandingkan pada event olahraga nasional maupun internasional sehingga pegiat olahraga layangan  dapat menjadi atlet profesional,” pungkasnya.
Acara layang ini juga di promotori oleh Nam Fest Palembang 2023, Irma Sari mengatakan bahwa  Sebagai Owner dari Nam Fest siap mendukung penuh acara festival layangan. “Saya berharap festival layangan ini akan terus selalu di laksanakan,” tuturnya. (Jhoni)
Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait