25.4 C
Indonesia
Sen, 28 November 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Senin, 28 November 2022 | 7:55:52 WIB

Guna Membentuk Pemimpin Strategis Masa Depan, KSAD : TNI AD Bersama UPER Berikan Beasiswa Pendidikan Sebanyak  3T

Jakarta | detikNews – Dalam rangka  kegiatan Inspiring Lecture di Universitas Pertamina (UPER), Sabtu (04/06/2022), Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M., mengatakan, Indonesia saat ini membutuhkan pemimpin strategis.

“Pemimpin strategis ialah pemimpin yang mampu untuk mengantisipasi, mempertahankan fleksibilitas, berpikir secara strategis, dan bekerja dengan orang lain, untuk memulai perubahan, menciptakan masa depan yang lebih baik”, ujarnya.

Untuk membentuk pemimpin strategis masa depan, TNI AD bersama Universitas Pertamina menjalin tiga kerja sama strategis. Penandatanganan kerja sama dilakukan Asisten Personel (Aspers) KSAD, Mayjen TNI Darmono Susastro, dan Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Kerja sama Universitas Pertamina, Prof. Dr. Wawan Gunawan A. Kadir, MS., selepas kegiatan Inspiring Lecture.

Kerja sama kedua institusi meliputi pemerataan akses pendidikan khususnya kepada para siswa/siswi berprestasi dan kepada siswa/siswi yang tinggal di wilayah Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T) melalui Beasiswa Generasi Juara (BGJ) dan Beasiswa Ujung Negeri (BUN) TNI AD dan Universitas Pertamina.

“Beasiswa ini diperuntukkan bagi siswa/siswi SMA/SMK sederajat yang berprestasi dan atau tinggal di lokasi 3T untuk berkuliah di Universitas Pertamina. Kami bekerja sama dengan TNI AD, agar beasiswa ini dapat menjangkau hingga ke pelosok Indonesia. Mengingat TNI AD memiliki prajurit di seluruh nusantara”, ucap Rektor Universitas Pertamina, Prof. Ir. IGN Wiratmaja Puja, Ph.D.

Beasiswa ini akan memberi pembebasan sampai dengan 100 persen biaya Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dan SPP hingga maksimal 8 semester. Siswa/siswi yang berasal dari daerah 3T juga akan memperoleh biaya transportasi dari daerah asal mereka, asrama, uang saku, serta biaya asuransi.

Kemudian kerja sama strategis kedua, adalah peningkatan pendidikan bagi prajurit dan PNS TNI AD beserta keluarganya melalui berbagai beasiswa tematik di Universitas Pertamina. Beasiswa ini diharapkan dapat mendukung TNI AD mempersiapkan diri masuk ke era industri 4.0.

International Institute for Strategic Studies (IISS) mencatat, pada tahun 2021 jumlah tentara aktif Indonesia diperkirakan mencapai 395.500 prajurit. Jumlah ini menempatkan Indonesia diperingkat ke-8 dengan jumlah tentara terbanyak di Asia. Namun, dari jumlah tersebut masih sedikit yang melanjutkan pendidikan ke jenjang Sarjana, Magister, dan Doktoral.

Terakhir, TNI AD dan Universitas Pertamina sepakat bersinergi dalam program pengabdian kepada masyarakat.

“Sehingga, kerja sama ini tidak hanya berpotensi memperbaiki mutu dan kualitas pendidikan di pelosok tetapi juga mendorong pembangunan infrastruktur dan SDM di daerah 3T”, tutup Prof Wirat.

Universitas Pertamina menyiapkan total anggaran beasiswa sebesar 23 Milyar Rupiah. Saat ini, Universitas besutan PT Pertamina (Persero) itu tengah membuka pendaftaran Seleksi Nilai Rapor (Non Tes) dan Ujian Masuk Online periode Mei – Juni untuk Tahun Akademik 2022/2023.

Informasi lengkap terkait program studi serta syarat dan ketentuan pendaftaran dapat diakses di laman https://pmb.universitaspertamina.ac.id (Arifin)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru
Berita Terkait