website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 2:10:49 WIB

Gunung Kerinci Ditutup Setelah Erupsi, Wisatawan Malaysia Berani Mendaki Secara Ilegal

GJambi | detikNews – Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia melakukan pendakian Gunung Kerinci secara ilegal beberapa bulan setelah Gunung Kerinci meletus. Status pendakian Gunung Kerinci masih ditutup karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk dilakukan pendakian. Kepala Pengawasan Balai Besar Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) Wilayah 1 Kerinci, Nurhamidi, mengatakan bahwa WNA itu mendaki Gunung Kerinci saat kondisi pendakian ditutup, Sabtu (18/3/2023).

Baca juga:  Wanita Berbaju Kuning Cekcok dengan Polisi dan Polwan di Depok, Akhirnya Minta Maaf Setelah Video Viral di Media Sosial

Pendakian secara ilegal dilaporkan terjadi pada 3 Maret 2023 hingga 5 Maret 2023. Sebanyak 21 WNA asal Malaysia yang saat itu sedang berwisata di Kabupaten Kerinci, di mana 16 di antaranya melakukan aksi pendakian Gunung Kerinci dengan dibantu oleh pemandu lokal asal Kerinci Jambi.

Setelah dilakukan penyelidikan, pemandu wisatawan lokal yang membantu WNA tersebut ternyata berasal dari warga Kerinci sendiri. Baru setelah tiga hari aksi pendakian ilegal dilakukan, Balai Besar TNKS mengetahui keberadaan pendaki WNA tersebut.

Baca juga:  Remaja Diperkosa Ayah Tiri, Hamil, dan Dilaporkan Ayah Kandung ke Polisi

Saat ini, para pendaki WNA sudah pulang ke asal negaranya. Hal ini menjadi pelajaran bagi seluruh wisatawan agar mematuhi aturan-aturan yang sudah ditetapkan untuk menjaga keamanan dan keselamatan para pendaki serta melestarikan alam. Tidak hanya itu, kejadian ini juga menunjukkan pentingnya memilih pemandu wisata yang terpercaya dan mematuhi aturan-aturan yang ada.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait