website statistics
23.4 C
Indonesia
Mon, 24 June 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Monday, 24 June 2024 | 23:03:24 WIB

Hadiri Acara Sosialisasi Standarisasi Pengendalian Mutu UMKM Kementerian Perdagangan, H.Imam Musanto : Maju Terus UMKM Kota Depok

Depok | detikNews – H.Imam Musanto.S.Pd.MM anggota DPRD Kota Depok Komisi D F-PKS hadiri kegiatan Sosialisasi Standardisasi dan Pengendalian Mutu hasil produk UMKM yang digelar oleh pihak Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bertempat di Balairung Dwidjosewojo, Hotel Bumi Wiyata, Jalan Margonda Raya No 256, Kemiri Muka, Beji Kota Depok, sebagai Narasumber dalam upaya edukasi peningkatan kualitas bagi para peserta pelaku UMKM di Kota Depok.

Balairung Dwidjosewojo, Hotel Bumi Wiyata, Jalan Margonda Raya No 256, Kemiri Muka, Beji Kota Depok,(Foto : Dok.detikNews.co.id)

H.Imam Musanto.S.pd.MM (Bang Imun) menjelaskan, bahwa program UMKM untuk Depok sendiri adalah sebagai bentuk realisasi janji program Walikota dan Wakil Walikota Depok terkait pemberdayaan 1000 pengusaha wanita yang bertujuan memperbaiki perekonomian masyarakat Kota Depok, setelah terpuruk akibat dari masa Pandemi yang berkepanjangan.

“Kami melihat, bahwa hal utama yang harus dilakukan setelah masa Pandemi mereda, adalah membangkitkan kembali keterpurukan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan UMKM, dan hal ini telah menjadi fokus target Pemkot Depok dalam melakukan penyelenggaraan pemerintahan yang pro rakyat”, ucap Bang Imun, Selasa 28/3/2023.

Baca juga:  SEC Berencana Mengajukan Banding atas Putusan Pengadilan Terkait Ripple Labs

“Pemberdayaan UMKM merupakan langkah yang strategis dalam meningkatkan dan memperkuat dasar kehidupan perekonomian dari sebagian besar rakyat Indonesia, khususnya di Kota Depok terkait penyediaan lapangan kerja, mengurangi kesenjangan serta mengurangi tingkat kemiskinan diwilayah perkotaan”, sambungnya.

Bang Imun menilai, bahwa peran Pemerintah Kota (Pemkot) Depok adalah sebagai regulator yaitu, membuat kebijakan – kebijakan serta langkah – langkah strategis, sehingga mempermudah para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya.

“Sebagai regulator pemerintah berfungsi untuk menjaga kondisi lingkungan usaha agar tetap kondusif, sehingga UMKM itu sendiri dapat berkembang secara signifikan. Pada dasarnya UMKM sangat membantu menyelamatkan negara dari masa krisis melalui sektor perekonomian. Hal ini dikarenakan UMKM mampu beradaptasi pada segala keadaan, serta terus berkembang sehingga dapat membantu menopang kondisi perekonomian negara yang sedang jatuh”, imbuhnya..

Baca juga:  Berikan Kepedulian Kenyamanan Dalam Beribadah, H.Imam Musanto Bersama Pemkot Depok Gelontorkan Ratusan Juta Untuk Renovasi Masjid Jami Attaqwa Lio

Lebih jauh Ketua Perbakin Kota Depok ini menerangkan, bahwa potensi UMKM sendiri menurut UU No 20 tahun 2008 adalah berupaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan dan peningkatan pendapatan rakyat, penciptaan lapangan kerja, dan pengentasan kemiskinan. Namun, tak terlepas dari berbagai macam kendala yang menjadi penghias prosesnya.

“Tantangan yang kerap hadir pada proses pemberdayaan UMKM meliputi : keterbatasan akses ke informasi, terbatasnya inklusi/partisipasi masyarakat, dan rendahnya kapasitas organisasi lokal yang disertai dengan kompleksitas dalam kelembagaannya. Untuk itu kedepannya UMKM Kota Depok harus lebih running lagi. Karena saat ini Pemkot Depok sedang terus berupaya memposisikan diri menjadi ‘Bapak Angkat’ bagi para pelaku UMKM menuju perubahan perekonomian masyarakat Kota Depok yang semakin membaik”, lanjutnya.

Baca juga:  DPRD Depok Awali Tahun 2024 Dengan Menggelar Rapat Paripurna, Ini Penjelasan H.Imam Musanto Terkait Raperda Kota Depok
Sosialisasi Standardisasi dan Pengendalian Mutu hasil produk UMKM yang digelar oleh pihak Kementerian Perdagangan Republik Indonesia bertempat di Balairung Dwidjosewojo, Hotel Bumi Wiyata, Jalan Margonda Raya No 256, Kemiri Muka, Beji Kota Depok,(Foto : Dok.detikNews.co.id)

“Selaku penyambung aspirasi rakyat saya berpesan kepada para pelaku UMKM Kota Depok khususnya, yang pertama semangat terus jangan putus asa untuk teman-teman UMKM. Karena saya pelaku UMKM juga, dan semua berharap kedepannya lebih baik lagi, jangan patah semangat, dan paling tidak kita terus mendorong pemerintah untuk tetap konsisten menjadi “Bapak Asuh (Angkat)’ kedepannya, menuju UMKM yang terbaik bagi masa depan bersama”, tutup Bang Imun.(NW)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait