website statistics
24.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 0:10:02 WIB

Hadiri Bimtek Ribuan Anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan se-Indonesia, Hj.Asyanti R Thalib Harapkan Kinerja Solid Menuju Masa Depan

Jakarta | detikNews – Hadiri acara Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi ribuan anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan se-Indonesia di Hotel Grand Paragon, Jalan.Gajah Mada No.126, RT13/RW8, Kelurahan Keagungan, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta. Hj. Asyanti Rozana Thalib.SE, anggita DPRD Provinsi Jawa Barat berharap, adanya penyatuan visi misi dari semua anggota menuju kemenangan Pemilu 2024 mendatang.

Bimtek yang dihadiri oleh Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Wasekjen PDIP Bidang Pemerintahan Arif Wibowo, juga Ketua KPU Hasyim Asy’ari. Selain itu, hadir pula secara virtual Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Hj. Asyanti R Thalib.SE mengatakan, dengan digelarnya acara Bimtek ini, diharapkan mampu memperkuat kemampuan, serta kinerja para wakil rakyat dalam menjalankan fungsinya di parlement.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memperkuat kemampuan anggota DPRD Fraksi PDIP di seluruh Indonesia, dalam menjalankan fungsionalnya guna mendukung penyelenggaraan seluruh aspek pemerintahan baik pusat maupun daerah secara terukur dan terarah. Pasalnya, peran itu ditentukan oleh kemampuan memahami seluruh aspek penyelenggaraan pemerintahan yang sesuai dengan keahlian pada bidangnya masing-masing”, ucapnya, Selasa 14/6/2022.

“Para kader diharapkan mampu melakukan fungsi pengawasan, legislasi, dan budgeting dengan baik. Oleh karena itu, penguatan kapasitas Partai Politik (Parpol) dalam melakukan pembangunan kelembagaan parpol menjadi sangat penting dilakukan secara berkala”, sambung Hj. Asyanti.

Srikandi PDIP ini menilai, penguasaan tiga fungsi itu, memang wajib dikuasai oleh para anggota legislatif baik di tingkat Kota maupun Provinsi. Hal ini menjadi satu kewajiban, karena hal tersebut adalah faktor penting dalam menjalankan fungsi yang merupakan satu kesatuan peran, serta harus dilaksanakan oleh para kader partai politik di DPR RI dan DPRD.

“Untuk dapat mewujudkan cita-cita bersama untuk menciptakan pembangunan merata, para kader PDIP harus berinisiatif hadir, dan tampil secara aktif memperjuangkan hak-hak masyarakat. Upaya itu perlu dilakukan para kader di seluruh lembaga perwakilan, baik di pusat maupun daerah, termasuk yang menduduki kursi Kepala Daerah, guna menyelaraskan satu tujuan utama dalam merealisasikan kehidupan masyarakat yang sejahtera merata”, ungkap Srikandi PDIP.

“Para anggota legislatif disemua wilayah diharapkan dapat memberikan proteksi aktif terhadap kebutuhan masyarakat melalui peraturan daerah. Dengan sejumlah produk kebijakan yang disusun terstruktur, tentunya akan memudahkan masyarakat dalam mengakses kebutuhan kehidupannya”, imbuhnya.

Politisi wanita yang sering blusukan ini berharap, dengan munculnya internet sebagai media baru, akan ada banyak harapan tentang dampak positif yang bisa diambil, guna merealisasikan peningkatan partisipasi politik dalam masyarakat.

“Gagasan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, menawarkan kesempatan untuk memperluas partisipasi politik yang telah dibahas dalam banyak kerangka politik dari sistem totaliter hingga demokratis. Akibatnya, muncul determinisme teknologi yang berkaitan dengan kehidupan politik di dunia maya, dan ‘Demokrasi Modern’ pun nantinya akan bergantung pada prinsip partisipasi dan representasi”, paparnya.

“Kita harus mampu memberi contoh kepada masyarakat tentang bagaimana bermedia dengan baik dan benar. Internet dengan fitur-fitur konektivitas dan interaktivitas akan mampu memfasilitasi ‘Mediated Democracy’ dimana publik dan elite politik dapat dengan mudah untuk saling berkominikasi dalam arti teoretis, atau dapat berkomunikasi tanpa hambatan dan distorsi dari media konvensional. Sehingga tidak ada sekat-sekat serta batasan khusus bagi masyarakat untuk berinteraksi dengan rakyatnya. Semoga dengan adanya Bintek berkala ini akan mampu membawa nama PDIP dalam mengulang kembali masa-masa terbaiknya”, pungkas Hj. Asyanti.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait