website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 29 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 29 March 2024 | 4:25:06 WIB

Hadiri Peresmian MKD, Camat Tapos Menyambut Transisi Menuju Kolaborasi Kamtibmas yang Efektif di Depok

Depok | detikNews – Camat Tapos, Abdul Mutholib, hadiri peresmian acara Organisasi Mitra Kardi Darsa (MKD) yang diselenggarakan pada Minggu, 28/5/2023, di De Tambulatong Cafe, Gg.H. Saaman Tapos, Depok. Dalam kesempatan tersebut, ia memberikan ucapan selamat kepada Mitra Kardi Darsa yang secara resmi menggantikan Mitra Kamtibmas Depok yang sebelumnya ada. Dalam sambutannya Camat Tapos menjelaskan, bahwa perubahan ini tidak akan mengakibatkan perbedaan yang signifikan dalam tugas dan fungsi organisasi tersebut.

“Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat atas diresmikannya MKD, yang sebelumnya dikenal sebagai Mitra Kamtibmas Depok, menjadi Organisasi Mitra Kardi Darsa (MKD). Paling tidak, tugas dan fungsi MKD tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Sebelumnya, MKD hanya beroperasi di wilayah Kota Depok, tetapi sekarang telah berkembang menjadi skala nasional”, ucap Camat Tapos pada hari Minggu, 28/5/2023.

Baca juga:  Momentum Idulfitri: Camat Tapos Ajak Jajarannya Tingkatkan Kinerja Pasca Libur Lebaran

“Acara ini memiliki makna penting karena menandai transisi dari Mitra Kamtibmas Depok menjadi Mitra Kardi Darsa. Mitra Kardi Darsa diharapkan dapat melanjutkan peran dan fungsi yang sebelumnya dilakukan oleh Mitra Kamtibmas Depok dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di wilayah Depok, khususnya”, sambungnya.

Abdul Mutholib juga menekankan, pentingnya kolaborasi antara MKD dengan pemerintah. MKD akan memberikan kontribusi berupa informasi dan laporan mengenai situasi Kamtibmas yang ada di masyarakat.

Baca juga:  Penguatan Pembangunan Tersistem, Kelurahan Mekarjaya Gelar Pra Musrenbang

Hal ini akan menjadi acuan bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan yang efektif dalam menjaga keamanan. Meskipun MKD tidak memiliki kewenangan langsung untuk mengambil tindakan hukum, peran mereka sebagai penyedia informasi yang handal sangat berarti dalam menjaga stabilitas keamanan.

“Kolaborasi antara MKD dengan pemerintah memiliki peran yang saling berbagi. MKD bertindak sebagai relawan dari Kamtibmas dan bekerja sama dengan pemerintah. Tugas MKD adalah saling memberikan sumbangan. MKD tidak akan mengambil tindakan secara langsung. Apabila terjadi tindakan kriminal atau kejadian lainnya, MKD hanya akan memberikan laporan,” jelasnya.

Baca juga:  81 Rumah Rusak Akibat Angin Kencang yang Melanda Cileungsi Bogor

“Arti dari Mitra Kardi Darsa ini adalah melakukan deteksi dini terkait situasi Kamtibmas yang ada di masyarakat”, tutupnya.

Dalam kesimpulannya, peresmian Organisasi Mitra Kardi Darsa (MKD) di Depok oleh Camat Tapos adalah langkah penting dalam memperkuat keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut. Transisi ini menandai kolaborasi yang lebih efektif antara MKD, pemerintah, dan masyarakat dalam menjaga Kamtibmas. Harapannya adalah agar MKD dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, memberikan kontribusi dalam deteksi dini terhadap potensi gangguan Kamtibmas, dan menjaga stabilitas keamanan di Depok.(NW).

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait