website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 29 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 29 March 2024 | 3:09:13 WIB

Hardiyanto Kenneth dari PDI-P Minta Warga Jakarta untuk Cek Kondisi Rumah Sebelum Mudik

Jakarta | detikNews – Diperkirakan sebanyak 123,8 juta orang akan melakukan perjalanan mudik pada Lebaran 2023, meningkat 1,5 kali lipat dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 85 juta orang. Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan, Hardiyanto Kenneth, memprakirakan jumlah pemudik semakin meningkat karena dampak dicabutnya PPKM, Minggu (16/4/2023).

Menurut Kenneth, pada mudik Lebaran 2022, pemerintah berhasil menangani mudik dengan baik melalui kesiapan infrastruktur darat yang sangat mempengaruhi kelancaran lalu lintas mudik. Namun, dalam mudik Lebaran 2023, pemerintah harus lebih mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, termasuk dalam hal keamanan dan kenyamanan, persiapan jalur mudik, jalur penyebrangan, dan tarif moda transportasi.

Baca juga:  Perketat Sistem Promosi ASN di Pemkab Pemalang untuk Mencegah Praktik Jual-Beli Jabatan, Mardani Ali Sera Meminta Kepada Pemerintah

Kent juga mengapresiasi strategi program mudik gratis yang diselenggarakan oleh pemerintah untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan warga agar tidak menggunakan kendaraan roda dua saat mudik. Namun, penanganan mudik Lebaran 2022 perlu dievaluasi agar dapat berjalan lebih lancar, seperti mengevaluasi kebijakan one way (satu arah) di jalan tol.

Selain itu, Kent juga meminta kepada Polri dan Pemprov DKI agar bisa menyiapkan skenario untuk mengantisipasi terhadap pencurian rumah kosong dan juga bencana alam yang bisa terjadi saat arus mudik dan balik Lebaran 2023, karena cuaca saat ini masih akan diwarnai dengan kondisi hujan atau biasa yang disebut dengan hidrometeorologi.

Baca juga:  Mendekatkan Anak pada Alam: "Alasan Ria Ricis Suka Mengajak Moana Berkegiatan di Alam"

Kent juga mengimbau bagi warga Ibu Kota yang akan mudik untuk memperhatikan kondisi rumah sebelum ditinggal untuk memastikan instalasi listrik dalam kondisi aman. Rumah juga harus diamankan dari risiko pemutusan listrik, terutama bagi mereka pelanggan listrik pascabayar.

Selain itu, warga juga diimbau untuk melepas regulator tabung gas sebelum mudik dan memastikan tabung gas dalam keadaan aman untuk mencegah terjadinya kebocoran gas yang berisiko kebakaran saat ditinggal mudik. Jangan lupa untuk melapor kepada RT dan RW sebelum pulang mudik, dan tetangga yang tidak mudik juga bisa dititipkan untuk sekadar mengawasi rumah.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait