website statistics
30.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 12:01:02 WIB

Hari ke 3, Peserta Masih Sangat Antusias Ikuti Pendidikan Kader Ulama MPU Aceh Utara

Aceh Utara | detikNews – Hari ketiga pelaksanaan Pendidikan Kader Ulama (PKU) Khusus Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Utara tahun 2023 masih tetap berlanjut, para peserta masih antusias mengikuti tiap tahapan kegiatan tersebut, Minggu malam (04/06/2023).

Pantauan detikNews di lapangan,  terlihat para peserta PKU angkatan V masih sangat antusias saat mengikuti materi yang disampaikan oleh narasumber bernama Drs. H. Hamdani A Jalil, MA yang juga salah satu dari Anggota MPU Aceh Utara.

Sedangkan untuk peserta angkatan VI diisi oleh Waled Muniruddin AR, merupakan pimpinan Dayah Madinatud Diniyyah Nafisatul Huda (Madinah) Kecamatan Lhoksukon.

Drs. H. Hamdani A Jalil, MA sedang memberikan materi pada kegiatan PKU MPU Aceh Utara kepada peserta Angkatan V.

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Hotel Lido Graha Lhokseumawe yang diselenggarakan oleh MPU Aceh Utara ini, dengan tema yang diusung “Kaderisasi Ulama Ikhtiar Nyata, Mempersiapkan Generasi Penerus Risalah Nabi”, telah berlangsung sejak Kamis tanggal 1 Juni yang dibuka oleh Pj Bupati Aceh Utara diwakili Plt. Kepala BPKD Nazar Hidayat.

Baca juga:  Satgas Pangan Bersiap Hadapi Ramadan: Cek Stok Barang di Pasar

Dalam pemaparannya, H. Hamdani menyampaikan tentang kunci keberhasilan dakwah Rasulullah SAW. Menurutnya, Rasulullah tidak pernah memaksakan Islam dalam dakwahnya. Ia menghadirkan kebenaran Islam dalam akhlak muliaNya, sehingga Islam diterima oleh siapapun.

“Akhlaqul Karimah yang dianugerahkan oleh Allah SWT kepada Rasulullah sekaligus menjadi komitmen dakwahnya. Bahkan akhlak mulia Rasulullah sudah tertanam sejak kecil/remaja sehingga beliau digelar dengan al-amin,” ucapnya.

H. Hamdani yang juga Kasi PD Pontren Kankemenag Aceh Utara itu lebih lanjut menjelaskan, bahwa ada lima kunci keberhasilan dakwah Rasulullah SAW, diantaranya berdakwah dengan akhlak, mempunyai kesiapan mental, memiliki sandaran vertikal yang kuat, satu kata dalam keteladanan, dan memiliki sahabat yang setia.

Baca juga:  Bupati Aceh Utara Terima WTP ke-8 dari BPK RI

Dengan metode penyampaian santai, berisi, disertai bermain peran, membentuk kelompok dan diskusi atau role playing yang digunakan oleh H. Hamdani membuat para peserta banyak beraktivitas dalam mengikuti pembelajaran.

Selain itu, terciptanya suasana yang menyenangkan dan menjadikan suatu bentuk motivasi, sehingga terlihat antusias peserta sangat tinggi dalam mengikuti PKU ini.

Sementara, Kepala Sekretariat MPU Aceh Utara Muzakkir Fuad, SE., MSM mengatakan, bahwa Pendidikan Kader Ulama ini diikuti oleh 60 peserta terpilih dari utusan 27 kecamatan yang ada di Aceh Utara.

Baca juga:  Kapolda Jawa Barat Memastikan Tindakan Tegas Terhadap Oknum Polisi yang Meminta Proyek

“Total 60 peserta terpilih semuanya dari 27 kecamatan yang telah mengirimkan utusan, sudah ikut seleksi serta telah dinyatakan lulus saat ini sedang mengikuti pendidikan yang terbagi menjadi 2 angkatan, yaitu angkatan V dan VI yang sudah dilaksanakan sejak dari tanggal 1 Juni dan akan berakhir sampai tanggal 10 Juni 2023 mendatsng,”terang Muzakkir Fuad saat dijumpai oleh media ini dilokasi.

Dikatakan lebih lanjut, diakhir kegiatan PKU tahun 2023 ini, nantinya para peserta juga melaksanakan Field Study atau Observasi Lapangan ke Banda Aceh.

Adapun rencana yang akan dikunjungi diantaranya Masjid Raya Baiturrahman, Masjid Baiturrahim Ulee Lheu, Masjid Keuchik Leumiek, makam Syiah Kuala dan makam Sultan Iskandar Muda dan sebagainya. (Murhaban)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait