website statistics
24.4 C
Indonesia
Wed, 24 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Wednesday, 24 April 2024 | 9:59:13 WIB

Indonesia Laporkan 380 Kasus Baru COVID-19 pada 14 Maret, Jumlah Kasus Aktif Mencapai 3.366

Jakarta | detikNews – Pada hari Selasa (14/3/2023), Indonesia melaporkan 380 kasus baru COVID-19. Selain itu, terdapat juga 251 kasus sembuh dan 3 pasien COVID-19 meninggal dunia. Saat ini, kasus aktif COVID-19 di Indonesia tercatat sebanyak 3.366 kasus, dengan total 6.739.669 kasus COVID-19 terkonfirmasi.

Belakangan ini, penggunaan masker di tempat umum, seperti transportasi umum, menjadi perdebatan masyarakat. Beberapa mengatakan bahwa penggunaan masker sudah tidak diperlukan lagi, namun beberapa lainnya berpendapat bahwa penggunaan masker masih diperlukan karena status kedaruratan COVID-19 di Indonesia belum dicabut. Oleh karena itu, masyarakat masih perlu waspada terhadap penyebaran virus Corona.

Baca juga:  Pemulangan 26 WNI Korban TPPO dari Myanmar Menuju Indonesia: Kisah Penyerahan dan Perlindungan

Menanggapi hal tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan bahwa saat ini Indonesia sedang mengalami masa transisi dari pandemi menjadi endemi. Hal ini berarti bahwa pemerintah tidak lagi terlalu banyak melakukan intervensi, namun keterlibatan masyarakat akan lebih ditekankan. Oleh karena itu, keputusan untuk menggunakan masker atau tidak akan mengacu pada kondisi kesehatan masing-masing individu.

Baca juga:  Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo Mendorong Buruh Terus Berjuang untuk Meningkatkan Kesejahteraan dan SDM Unggul

Menurut Menkes Budi Gunadi Sadikin, “Jadi, kalau misalnya saya ditanya, konsisten pada program transisi kita, kita kembalikan itu lebih banyak ke masyarakat. Bila masyarakat tidak merasa nyaman, merasa tidak sehat, atau sudah lama tidak divaksin, sebaiknya memakai masker.” Dengan begitu, penggunaan masker di tempat umum tetap disarankan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Corona. (Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait