website statistics
23.4 C
Indonesia
Sun, 21 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Sunday, 21 April 2024 | 3:49:14 WIB

Indonesia Menang Melawan Myanmar itu Sia-sia kalau Thailand vs Vietnam Main Tanpa Goal

Reporter: Sawijan

Jakarta | detikNews – Timnas U-19 Garuda Indonesia tidak bisa menentukan nasibnya sendiri agar bisa lolos dari Grup A Piala AFF U-19 2022.

Untuk memastikan lolos, tidaknya Skuad Garuda Indonesia ternyata tergantung kepada hasil pertandingan Vietnam kontra Thailand.

Laga terakhir Indonesia menghadapi Myanmar Minggu (10/7/2022) malam nanti seperti biasa di Stadion Patriot, Bekasi.

Dilain itu, Vietnam kontra Thailand yang kini ada di posisi puncak, runner-up klasemen Grup A ,bakal bertanding di jam yang sama, tetapi di venue berbeda, Stadion Madya, Senayan Jakarta.

Timnas U-19 Indonesia, tim yang memiliki selisih gol terbaik di Grup A. Tetapi, dalam aturan Piala AFF U-19 2022, banyak mencetak gol tidak menjadi jaminan dapat posisi tertinggi di grup jika memiliki poin sama dengan tim lain.

Baca juga:  Indonesia Mengundang Perwakilan Non-Politik Myanmar ke KTT ASEAN Labuan Bajo

Mengarah pada aturan dua atau lebih tim memiliki poin yang sama, maka yang diterapkan adalah perhitungan head to head , antara tim-tim yang poinnya sama.

Jika Garuda muda Indonesia berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor berapa pun, maka Timnas U-19 Indonesia otomatis mengumpulkan (11) poin.

Poin yang sama yang dimiliki oleh Vietnam dan Thailand jika bermain imbang dalam laga nanti malam. Saat ini, Vietnam juga Thailand mempunyai sepuluh poin.

Dengan perhitungan Indonesia menang dan Vietnam vs Thailand imbang, maka ada tiga tim yang punya poin sama, sama (11).

Simulasi ini menjadikan Indonesia, Vietnam, Thailand akan berada dalam posisi yang sama nilainya.

Baca juga:  Meski Sempat Memanas, Situasi Laga Final Turnamen Sepakbola Perindo Cup 2022, Tetap Kondusif Hingga Akhir

Mengacu kepada aturan dari AFC, tiga tim yang sama nilainya ini kemudian dibuatkan Klasemen mini dengan melihat head to head mereka.

Jika Vietnam kontra Thailand bermain hanya imbang 0-0, maka perhitungan dianggap sama kuat. Karena sebelumnya Indonesia lawan Vietnam dan Thailand juga berakhir imbang 0-0. sama-sama kuat, maka perhitungan dilanjutkan dengan melihat berapa selisih goal yang di dapat.

Akan tetapi jika Thailand dan Vietnam hanya imbang dengan skor 0-0,1-1, 2-2 dan seterusnya, maka yang lolos ialah Thailand dan Vietnam

Karena,dari kedua tim memiliki gol lebih baik dari Indonesia saat dihitung head to head tiga tim dengan poin yang sama.

Bersama, perhitungan head to head ini, berapa pun goal yang tercipta oleh Garuda muda Indonesia sebelumnya, tak dianggap lagi.

Baca juga:  Kontroversi Turis Rusia di Indonesia: ''Sorotan Media Bangkok terhadap Tingkah Laku Gaduh"

Sangat di sayangkan, cedera yang didapatkan Marselino Ferdinan karena ujungnya nasib Indonesia harus bergantung kepada hasil Thailan vs Vietnam.

Melihat laga terakhir Thailand vs Vietnam yang digelar pada Minggu (10/7/2022) malam, di Stadion Madya, Senayan maka peluang kedua tim main mata sangat besar. Tinggal mencari hasil imbang, kemudian bermain dengan tempo lambat agar bisa menyimpan tenaga untuk pertandingan di semifinal, maka posisi kedua tim aman dan sama-sama lolos ke semifinal AFF 2022.

Di lain itu Indonesia harus menanggung (2) beban, (1) beban wajib menang lawan Myanmar, kemudian beban lainnya menunggu hasil Thailan vs Vietnam. (sw)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait