25.4 C
Indonesia
Sen, 28 November 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Senin, 28 November 2022 | 9:31:55 WIB

Indonesia Menang Melawan Myanmar itu Sia-sia kalau Thailand vs Vietnam Main Tanpa Goal

Reporter: Sawijan

Jakarta | detikNews – Timnas U-19 Garuda Indonesia tidak bisa menentukan nasibnya sendiri agar bisa lolos dari Grup A Piala AFF U-19 2022.

Untuk memastikan lolos, tidaknya Skuad Garuda Indonesia ternyata tergantung kepada hasil pertandingan Vietnam kontra Thailand.

Laga terakhir Indonesia menghadapi Myanmar Minggu (10/7/2022) malam nanti seperti biasa di Stadion Patriot, Bekasi.

Dilain itu, Vietnam kontra Thailand yang kini ada di posisi puncak, runner-up klasemen Grup A ,bakal bertanding di jam yang sama, tetapi di venue berbeda, Stadion Madya, Senayan Jakarta.

Timnas U-19 Indonesia, tim yang memiliki selisih gol terbaik di Grup A. Tetapi, dalam aturan Piala AFF U-19 2022, banyak mencetak gol tidak menjadi jaminan dapat posisi tertinggi di grup jika memiliki poin sama dengan tim lain.

Baca juga:  Timnas Indonesia U19 Bermain Imbang Tanpa Gol Melawan Timnas Thailand U19 di Matchday ke 3 Grup A Piala AFF U-19 2022

Mengarah pada aturan dua atau lebih tim memiliki poin yang sama, maka yang diterapkan adalah perhitungan head to head , antara tim-tim yang poinnya sama.

Jika Garuda muda Indonesia berhasil mengalahkan Myanmar dengan skor berapa pun, maka Timnas U-19 Indonesia otomatis mengumpulkan (11) poin.

Poin yang sama yang dimiliki oleh Vietnam dan Thailand jika bermain imbang dalam laga nanti malam. Saat ini, Vietnam juga Thailand mempunyai sepuluh poin.

Dengan perhitungan Indonesia menang dan Vietnam vs Thailand imbang, maka ada tiga tim yang punya poin sama, sama (11).

Simulasi ini menjadikan Indonesia, Vietnam, Thailand akan berada dalam posisi yang sama nilainya.

Baca juga:  Timnas Curacao Terbang ke Indonesia, Mantan Pemain Newcastle United Batal Hadapi Timnas Indonesia!

Mengacu kepada aturan dari AFC, tiga tim yang sama nilainya ini kemudian dibuatkan Klasemen mini dengan melihat head to head mereka.

Jika Vietnam kontra Thailand bermain hanya imbang 0-0, maka perhitungan dianggap sama kuat. Karena sebelumnya Indonesia lawan Vietnam dan Thailand juga berakhir imbang 0-0. sama-sama kuat, maka perhitungan dilanjutkan dengan melihat berapa selisih goal yang di dapat.

Akan tetapi jika Thailand dan Vietnam hanya imbang dengan skor 0-0,1-1, 2-2 dan seterusnya, maka yang lolos ialah Thailand dan Vietnam

Karena,dari kedua tim memiliki gol lebih baik dari Indonesia saat dihitung head to head tiga tim dengan poin yang sama.

Bersama, perhitungan head to head ini, berapa pun goal yang tercipta oleh Garuda muda Indonesia sebelumnya, tak dianggap lagi.

Baca juga:  Timnas Indonesia Gagal Melaju ke Semifinal AFF-U19 Meski Menang 5-1 Atas Myanmar

Sangat di sayangkan, cedera yang didapatkan Marselino Ferdinan karena ujungnya nasib Indonesia harus bergantung kepada hasil Thailan vs Vietnam.

Melihat laga terakhir Thailand vs Vietnam yang digelar pada Minggu (10/7/2022) malam, di Stadion Madya, Senayan maka peluang kedua tim main mata sangat besar. Tinggal mencari hasil imbang, kemudian bermain dengan tempo lambat agar bisa menyimpan tenaga untuk pertandingan di semifinal, maka posisi kedua tim aman dan sama-sama lolos ke semifinal AFF 2022.

Di lain itu Indonesia harus menanggung (2) beban, (1) beban wajib menang lawan Myanmar, kemudian beban lainnya menunggu hasil Thailan vs Vietnam. (sw)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru
Berita Terkait