website statistics
29.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 14:54:57 WIB

Ini Resep Kue Dongkal, Camilan Khas Betawi yang Manis dan Menggoda untuk Dicoba!

detikNews – Makanan manis tradisional khas Betawi dengan bahan dasar tepung beras ketan, kelapa parut, dan gula merah adalah salah satu hidangan yang sangat disukai oleh banyak orang. Dengan rasa gurih kelapa dan manis legit gula merah, hidangan ini sangat lezat disantap hangat. Namun, agar lebih unik, berikut adalah resep dengan modifikasi yang dapat membuat hidangan ini menjadi lebih istimewa dan berbeda dari yang lain.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 300 gram tepung beras ketan, sangrai dengan potongan daun pandan untuk memberikan aroma yang harum
  • 500 gram kelapa parut agak muda, parut memanjang
  • 1 sendok teh garam
  • 100 gram gula pasir
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • Daun pisang untuk alas
  • 300 gram gula merah, sisir halus
Baca juga:  Cara Mudah Membuat Kolak yang Lezat di Rumah: Pisang, Kelapa Parut, dan Santan Berpadu Sempurna!

Cara membuat:

  1. Pertama-tama, campurkan tepung beras ketan yang telah disangrai dengan potongan daun pandan dengan ¾ bagian kelapa parut, garam, gula pasir, dan vanili bubuk. Aduk rata hingga tercampur sempurna.
  2. Siapkan loyang persegi dengan ukuran 20 cm dan alasi dengan daun pisang. Masukkan setengah bagian dari adonan dan tekan hingga agak padat.
  3. Selanjutnya, ratakan gula merah yang telah disisir halus di atas adonan yang telah dipadatkan. Tutup dengan sisa adonan dan taburi bagian atasnya dengan sisa kelapa parut.
  4. Kukus adonan dalam dandang yang telah dipanaskan dan masak selama sekitar 30 menit hingga matang. Setelah matang, angkat dan diamkan hingga tidak panas. Potong kue sesuai dengan selera dan sajikan segera.
Baca juga:  Manisnya Kenikmatan Ubiquitous: Resep Muffin Ubi yang Menggoda Lidah

Dengan menggunakan potongan daun pandan saat menyangrai tepung beras ketan, aroma hidangan ini akan semakin harum dan unik. Selain itu, Anda juga dapat mencoba untuk menambahkan sedikit kacang tanah yang sudah digoreng sebagai pelengkapnya untuk memberikan sensasi renyah yang berbeda. Hidangan ini pasti akan membuat semua orang terpesona dengan rasa manis dan gurihnya yang sempurna. Jangan lupa untuk mencoba modifikasi ini dan nikmati hidangan khas Betawi yang istimewa! (dwi)

Baca juga:  Resep Putri Salju Cokelat Milo: Lezatnya Kue Kering yang Meleleh di Mulut
Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait