website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 3:34:35 WIB

Inovasi Baru…!!! Siswa SMKN SPP di Asahan Ciptakan Produk Unggulan Pupuk Organik Cair Dan Media Tanam Organik Coco Peat

Asahan | detikNews – Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Sekolah Pertanian dan Perkebunan ( SMKN SPP ) Kecamatan Rawang Panca Arga Kabupaten Asahan berhasil menciptakan terobosan atau inovasi baru berupa pupuk organik cair merk Panik Kali Bah serta media tanam organik merk Coco Peat yang sudah teruji keunggulannya.

Produk unggulan yang berhasil diciptakan oleh para siswa/i SMKN SPP Rawang berupa produk unggulan pupuk organik cair yang terbuat dari bahan baku limbah sayuran rumah tangga dengan merk Panik Kali Bah dan media tanam organik merk Coco Peat yang berbahan dasar dari serbuk sabut buah kelapa ini sudah dipasarkan ke masyarakat, kata Kepala Sekolah SMKN SPP Rawang Ardi Aliansyah, M, Pd kepada detikNews, Sabtu ( 19/11/2022 ) pukul 11.00 Wib di ruang kerjanya.

Baca juga:  IPM Muhammadiyah Banda Aceh Gelar Pelatihan Kader Dasar Taruna Melati I untuk Tingkatkan Kualitas Karakter Pelajar
Keterangan foto : Kepala sekolah  SMKN SPP Rawang Kabupaten Asahan Ardi Aliansyah, M, Pd. ( foto/Joko )
Keterangan foto : Kepala sekolah SMKN SPP Rawang Kabupaten Asahan Ardi Aliansyah, M, Pd. ( foto/Joko )

Ardi juga memaparkan, selain produk unggulan kreatif berupa pupuk organik cair Panik Kali Bah dan media tanam organik Coco Peat . Siswa/i SMKN SPP Rawang juga berhasil mengembangkan produk unggulan lainnya seperti membudi dayakan tanaman pohon bonsai kelapa yang hasilnya juga sudah di pasarkan ke masyarakat. Beberapa waktu yang lalu ke semua hasil produk unggulan ciptaan para siswa/i SMKN SPP ini juga ikut serta dalam ajang kontes bazar pada saat kunjungan Ketua DWP Provinsi Sumatera Utara Hj. Raudatus Shafa Asren Nasution.

Baca juga:  Bendungan Irigasi Hancur, Ratusan Hektar Lahan Persawahan Padi di Asahan Beralih Fungsi Ke Tanaman Palawija

SMKN SPP Rawang saat ini memiliki sebanyak 295 orang siswa/i , berbagai sarana dan prasarana atau fasilitas cukup lengkap turut menunjang terlaksananya proses belajar dan mengajar dengan baik. Adapun fasilitas atau sarana dan prasarana yang mendukung didalamnya seperti tersedianya lahan persawahan padi untuk praktek siswa seluas 5 hektar ( diluar dari lahan untuk tanaman lainnya ), alat traktor untuk panen padi, traktor untuk pengolahan lahan serta ruang laboratorium Work shop, ungkap Ardi.

Keterangan foto : Siswa/i SMKN SPP Rawang Asahan berhasil menciptakan produk unggulan pupuk organik cair dan bubuk kopi. ( foto/Joko )
Keterangan foto : Siswa/i SMKN SPP Rawang Asahan berhasil menciptakan produk unggulan pupuk organik cair dan bubuk kopi. ( foto/Joko )

Selanjutnya, para siswa/i SMKN SPP Rawang bukan hanya sekedar di didik untuk praktek menyangkul saja, tapi para siswa harus lebih bisa lagi menciptakan terobosan atau inovasi baru dalam bidang pertanian dan perkebunan seperti kopi, kepala sawit, padi serta tanaman lainnya. Alumni ataupun siswa tamatan SMKN SPP sudah banyak yang diterima dan bekerja di perusahaan perkebunan baik milik swasta ataupun pemerintah.

Baca juga:  Diduga Gelapkan Dana BUMDes dan BLT, Bendahara Desa Pulau Tanjung Asahan Nginap di Sel Tahanan

Saat ini kendala yang dihadapi oleh SMKN SPP adalah kurangnya minat ( animo ) dari masyarakat atau orang tua murid untuk memasukkan anak anaknya ke sekolah jurusan pertanian dan perkebunan. Dan ini adalah suatu tantangan, bagaimana minat ( animo ) masyarakat kembali beralih untuk mengajak anak anaknya masuk dan belajar ke sekolah pertanian dan perkebunan, harap Ardi Aliansyah. ( Joko )

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait