website statistics
22.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 2:14:51 WIB

Inovatif! Indonesia Siap Bangun Pabrik Panel Surya, Simak Lokasinya yang Strategis

Jakarta | detikNews – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Indonesia akan membangun industri pabrik panel surya untuk mendukung kekayaan sumber energi baru terbarukan (EBT) di Indonesia. Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan bahwa Indonesia selama ini hanya mengimpor panel surya dari negara lain dan ingin membangun industri yang hulunya di Indonesia. Dadan juga menyebutkan bahwa salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi untuk proyek pabrik panel surya adalah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Hal ini karena Bangka Belitung memiliki pasir kuarsa, salah satu bahan baku pembuatan panel surya, Jum’at (17/3/2023).

Baca juga:  KPK Mengusut Dugaan Korupsi Pemotongan Tunjangan Kinerja di Kementerian ESDM yang Diduga Capai Puluhan Miliar Rupiah

Indonesia tidak hanya akan membangun satu pabrik panel surya, tetapi beberapa jenis pabrik panel surya di Indonesia. Menurut Dadan, sudah ada calon investor yang tertarik untuk menyediakan salah satu komponen dalam pembuatan panel surya, yaitu kacanya. Sebagian besar kaca di Indonesia telah tersedia, tetapi ada investor yang ingin membangun kaca untuk panel surya yang ada di Bangka Belitung.

Baca juga:  Mangatta Toding Allo, Kuasa Hukum Terdakwa AG, Berikan Alasan Polisikan Mario Dandy atas Dugaan Pencabulan Setelah Sidang Kasus Penganiayaan Cristalino David Ozora

Permintaan dunia terhadap pasir kuarsa Indonesia sebagai bahan baku pembuatan panel surya telah meningkat tajam dalam beberapa tahun terakhir. Pasir kuarsa yang mengandung silika lebih dari 99,5% dengan kandungan besi yang rendah diperlukan dalam pembuatan panel surya. Rezky Syahrir dari Advisory Board Himpunan Penambang Kuarsa Indonesia (HIPKI) menyatakan bahwa peningkatan permintaan pasir kuarsa belum pernah terjadi sebelumnya dan merupakan sejarah penjualan pasir kuarsa di Indonesia. Pasir kuarsa yang dihasilkan Indonesia memiliki kadar hingga 99,5% dan bersaing dengan pasir kuarsa dari Australia, yang hanya memiliki kadar high grade silica mencapai 99,9%.

Baca juga:  Breaking News: Pengacara Bharada E Gemetar Saat Rekonstruksi Kematian Brigadir J

Dalam rangka memanfaatkan potensi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia, Kementerian ESDM akan membangun pabrik panel surya dan meningkatkan penggunaan sumber energi baru terbarukan di Indonesia. Hal ini diharapkan dapat membantu Indonesia menjadi lebih mandiri dalam produksi panel surya dan meningkatkan perekonomian Indonesia.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait