website statistics
22.4 C
Indonesia
Thu, 28 March 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Thursday, 28 March 2024 | 19:53:04 WIB

Jadwal Imsak Jakarta Hari Ini pada Sabtu 15 April 2023: Waktu Subuh dan Jadwal Buka Puasa untuk Ramadan 2023 Menurut Bimas Islam Kemenag

Jakarta | detikNews – Berikut adalah jadwal imsak, sholat, dan buka puasa hari ini di Jakarta yang bisa menjadi referensi bagi umat Muslim dalam menyiapkan waktu sahur selama Ramadan 2023. Jadwal ini telah diambil dari situs resmi Bimas Islam (Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam) Kementerian Agama (Kemenag) dan disajikan dengan bahasa yang berbeda agar 100% unik.

Jadwal imsak Jakarta hari ini, Sabtu 15 April 2023:

Untuk informasi lengkap mengenai jadwal buka puasa dan imsak di Jakarta selama Ramadan 2023, silakan lihat tabel di bawah ini:

Tabel lengkap jadwal imsak dan buka puasa Ramadan 2023 di Jakarta:

Baca juga:  Breaking News: Jokowidodo Bentuk Tim Khusus Respons Serangan Bjorka

Sudah disampaikan informasi jadwal imsak hari ini di Jakarta dan sekitarnya. Bagi umat Muslim di luar wilayah Jakarta, Anda dapat mengetahui jadwal imsak dan buka puasa selama Ramadan 2023 sesuai dengan lokasi tempat tinggal dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Cara cek dan download jadwal imsak Ramadan 2023:

Kata “imsak” berasal dari bahasa Arab “imsakiyah”, yang artinya adalah jadwal yang menetapkan waktu salat, termasuk imsak setiap hari. Sedangkan “imsak” artinya adalah saat dimulainya tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa, seperti makan dan minum.

Penggunaan istilah imsak dan imsakiyah berasal dari bahasa Arab. Menurut asal bahasanya, “amsaka-yumsiku-imsakan” berarti “menahan”, sehingga imsak diartikan sebagai menahan diri dari makan, minum, dan segala aktivitas lain yang membatalkan puasa.

Baca juga:  Gempa Magnitudo 5 Mengguncang Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara: Peringatan Aktivitas Seismik di Sulut

Kemenag RI menjelaskan bahwa sejarah penentuan waktu imsak 10 menit sebelum subuh telah disepakati sejak rapat Tim Hisab dan Rukyat yang digelar Kementerian Agama di Jakarta pada 22 Juni 2016.

Muhammad Thambrin, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais dan Binsyar) saat itu, mengatakan bahwa imsak secara bahasa memiliki beberapa arti seperti menahan atau batas waktu memulai puasa. Ulama sepakat bahwa batas waktu memulai puasa tepat pada saat terbitnya fajar shadiq (subuh).

Baca juga:  Mahfud MD Ungkap Transaksi Mencurigakan Senilai Rp 300 Triliun di Kemenkeu Sejak 2009

“Sebagian ulama berpandangan bahwa bila waktu subuh sudah dekat maka umat Islam yang akan berpuasa dilarang makan, karena waktunya sudah masuk wilayah cegahan, meski ada juga ulama yang membolehkan makan di waktu syak,” kata Thambrin.

Thambrin menegaskan, waktu imsak di Indonesia tidak dimaksudkan untuk mengubah waktu puasa dengan memajukannya dari batas yang telah ditentukan syariat, melainkan sebagai upaya untuk melestarikan sunnah dan sebagai tindakan pencegahan agar kaum muslimin tidak melanggar batas-batas yang dilarang.

Demikianlah informasi jadwal imsak, sholat, dan buka puasa hari ini di Jakarta pada Sabtu 15 April 2023.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait