website statistics
25.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

25.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 21:07:48 WIB

Jadwal Imsak, Sholat, dan Buka Puasa di Jakarta Hari Ini, Kamis 6 April 2023: Informasi Terbaru dan Lengkap Menurut Bimas Islam Kemenag

Jakarta | detikNews – Berikut ini adalah jadwal imsak, sholat, dan buka puasa di Jakarta pada Kamis, 6 April 2023. Informasi ini penting bagi umat Muslim sebagai persiapan menutup waktu sahur dan memulai ibadah puasa di bulan Ramadan 2023.

Berdasarkan informasi resmi dari Bimas Islam Kemenag, jadwal imsak hari ini di Jakarta adalah sebagai berikut:

Jadwal imsak Jakarta hari ini 6 April 2023 di Jakarta:

Baca juga:  Polisi Berhasil Menggagalkan Rencana Perang Sarung: 13 Anak Diamankan di Cisoka, Tangerang

Selain jadwal imsak, jadwal sholat dan jadwal buka puasa juga perlu diperhatikan. Berikut adalah tabel lengkap jadwal sholat dan buka puasa di Jakarta selama bulan Ramadan 2023:

Imsak biasanya ditetapkan 10 menit sebelum azan subuh sebagai tanda agar umat Muslim berhenti makan dan minum saat sahur. Namun, puasa sebenarnya dimulai ketika fajar shadiq atau cahaya putih pertama yang muncul di ufuk timur. Oleh karena itu, imsak bukanlah batas waktu berhenti makan dan minum saat sahur. Seorang Muslim masih diizinkan menelan makanan atau minuman jika masih memiliki makanan atau minuman di mulutnya saat imsak tetapi adzan subuh belum berkumandang.

Baca juga:  Berikut Informasi Jadwal Imsak Jakarta Hari Ini, Sabtu 8 April 2023 Menurut Bimas Islam Kemenag

Sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat Al-Baqarah ayat 187, Muslim diwajibkan berhenti makan dan minum saat fajar atau terbitnya matahari. Oleh karena itu, saat imsak dan belum masuk waktu puasa, masih diperbolehkan makan dan minum. Hal ini juga dijelaskan oleh KH Ahmad Qusyairi, Wakil Rais Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Lumajang.

Baca juga:  Desakan Haji Uma kepada Presiden Jokowi, Tindak Tegas Pelaku Penganiayaan di Aceh

Demikianlah informasi jadwal imsak, sholat, dan buka puasa di Jakarta pada Kamis, 6 April 2023. Semoga informasi ini bermanfaat bagi umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan 2023.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait