website statistics
29.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 14:28:58 WIB

Jakarta Serukan Aksi Peduli Lingkungan dengan Pemadaman Lampu Selama 60 Menit

Jakarta | detikNews – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengajak warga untuk mengambil bagian dalam ‘Aksi Peduli Lingkungan’ dengan memadamkan lampu selama satu jam pada malam ini. Dalam upaya untuk mengurangi emisi karbon dan ‘Mencintai Bumi’ dengan tindakan hemat energi, aksi ini akan dimulai pada Sabtu (18/3/2023) pukul 20.30-21.30 WIB. Pemadamam lampu akan dilakukan di beberapa wilayah di Kota Jakarta, termasuk di jalan protokol dan simbol Kota Jakarta.

“Cintai Bumi dengan aksi hemat energi. Yuk tunjukkan aksi peduli lingkungan dengan hemat energi sekaligus mengurangi emisi karbon”, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Asep Kuswanto dalam keterangan tertulis, Jum’at (17/3/2023).

Baca juga:  AS dan Jakarta Bersama Meluncurkan Program 'Reporters Shield' untuk Melindungi Wartawan dari Taktik 'Lawfare'

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Asep Kuswanto menyampaikan, bahwa aksi pemadaman lampu ini akan dilakukan di lima wilayah di Kota Jakarta. Di Jakarta Pusat, pemadaman lampu dilakukan di Jalan Sudirman dan Jalan MH Thamrin, serta seputaran Jalan Medan Merdeka, Jalan Gerbang Pemuda, dan kantor Balai Kota serta Wali Kota Jakarta Pusat.

Di wilayah Jakarta Utara, pemadaman lampu dilakukan di Jalan Yos Sudarso, kompleks kantor Wali Kota Jakarta Utara, dan Jalan Perintis Kemerdekaan. Di wilayah Jakarta Timur, pemadaman lampu dilakukan di Jalan Dr. Sumarno, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan kompleks kantor Walikota Jakarta Timur.

Baca juga:  Sikapi Kenaikan Harga BBM, Permata Ummat Kota Depok Gelar Bazar Pasar Kamis Permata

Sedangkan di wilayah Jakarta Barat, pemadaman lampu dilakukan di Jalan Daan Mogot, Jalan Kembangan Raya, dan kompleks kantor Wali Kota Jakarta Barat. Terakhir, di Jakarta Selatan, pemadaman lampu dilakukan di Jalan Prapanca Raya, Jalan Gerbang Pemuda, Jalan Sudirman, Patung Pemuda, Patung Pahlawan, dan Patung Jenderal Sudirman.

Selain itu, pemadaman lampu juga dilakukan di bangunan atau gedung kantor Pemprov DKI Jakarta, kecuali untuk layanan Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik, dan sebagainya. Beberapa gedung milik swasta, gedung komersial, pusat perbelanjaan, restoran, hotel, dan apartemen juga turut serta dalam aksi ini. Bahkan, simbol Kota Jakarta seperti gedung Balai Kota, Monumen Nasional, Patung Arjuna Wiwaha, Bundaran Hotel Indonesia, Patung Pemuda, Patung Pahlawan, dan Patung Jenderal Sudirman juga akan dipadamkan lampunya.

Baca juga:  Pemprov DKI Jakarta Laporkan Penurunan dan Peningkatan Sampah di TPST Bantargebang saat Lebaran 2023

Aksi ini merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam mengurangi emisi karbon, dan menjaga lingkungan hidup dengan melakukan tindakan hemat energi. Diharapkan aksi ini dapat menjadi contoh yang baik bagi masyarakat Jakarta dan Indonesia dalam peduli terhadap lingkungan hidup.(Fqh)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait