website statistics
30.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

30.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 13:42:29 WIB

Jelang Muktamar PB RTA ke-6, Delapan Nama Mencuat Kandidat Jadi Kandidat Rais ‘Am

Banda Aceh | detikNews – Pengurus Besar Rabithah Thaliban Aceh (PBRTA) dijadwalkan akan melaksanakan Muktamar Ke-6 pada 9-11 Juni 2023 di Hotel Diana Banda Aceh.

Muktamar yang digelar dengan kegiatan kongres santri tersebut mengusung tema menumbuhkan semangat kolaboratif santri dalam mengawal Pembangunan dan syariat islam di Aceh.

Rifki Ismail SAg, selaku Ketua panitia pelaksana menyebutkan bahwa Saat ini Sejumlah santri dan teungku dayah mulai mendaftar sebagai bakal calon Rais ‘Am (ketua umum) Pengurus Besar Rabithah Thaliban Aceh (RTA) periode 2023-2027.

Adapun ke delapan nama yang sudah mendaftar yaitu Tgk Ibnu Rizal (Rais ‘Am PC RTA Aceh Besar periode 2017-2021), Tgk Haekal Afifa (Ketua Institut Peradaban Aceh), Tgk Muhammad Balia SIkom (Ketua Himpunan Pengusaha Santri Aceh), Tgk Khairizal Wahid SHI dan Tgk Uwais Alqarni selaku pengurus RTA.

Baca juga:  Media Center Gunung Kaler dan LSM Trisula Bakti Nusantara Sambangi Kediaman Almarhum Bapak Rimun Bin Muhammad

Selanjutnya Tgk Bustamam Usman SHI MA (Ketua Umum ISAD Aceh), Tgk H Hasanuddin MEd atau lebih dikenal dengan panggilan Tu Sudan dan Tgk Miswar (perwakilan PC RTA Pidie Jaya).

Rifki Mengatakan bahwa sejumlah nama tersebut telah dinyatakan akan mendaftar sebagai calon Rais ‘Am yang selanjutnya diverifikasi sesuai dengan kriteria Rais Am Bersadarkan AD/ART PB-RTA.

“Pendaftaran ini terbuka bagi siapapun yang beritikad baik untuk memajukan organisasi berbasis santri tersebut, namun sebagai ketua Panitia Muktamar kami bertanggung jawab memastikan kegiatan berjalan lancar dan Rais Am PB RTA terpilih nantinya sesuai dengan Kriteria yang ditetapkan”tegas Rifki, Senin (05/06/2023)

Disampaikan bahwa diantara kriteria calon rais Am yaitu Berakhlakul Karimah, Santri / alumni yang memiliki integritas kedayahan, Pernah menjadi Pengurus Besar Rabithah Thaliban Aceh (PB RTA) maupun pengurus cabang, bersedia bertempat tinggal di Banda Aceh atau Aceh Besar, Mampu membaca kitab minimal I’anatut Thalibin, memiliki Rekomendasi dari 3 Pengurus Cabang Kab/Kota Se Aceh dan beberapa Kriteria Kekhususan Rais Am Lainnya

Baca juga:  Kepengurusan Baru KONI Kota Sukabumi Siap Mewujudkan Prestasi Olahraga Unggul di Porprov Jawa Barat 2026

Rais ‘Am RTA, Tgk Marbawi Yusuf mengatakan, muktamar ke-6 RTA berlangsung juga seiring dengan pelaksanaan Kegiatan Kongres Santri Se Aceh yang bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Dayah Aceh dan direncanakan akan dibuka oleh Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki pada Jumat (9/6/2023) malam.

Pada acara pembukaan, akan dihadiri Ketua Umum Majelis Tanfiz PB HUDA, Tgk H Muhammad Yusuf A Wahab atau akrab disapa Tu Sop dan akan mengisi materi tentang peran dan kontribusi santri dayah dalam pelaksanaan syariat Islam secara kaffah di Aceh.

Baca juga:  Strategi Proaktif Wali Kota Semarang dalam Menghindari Kecelakaan di Jalan Silayur

Selain itu, sejumlah narasumber lainnya juga dijadwalkan akan mengisi rangkaian muktamar, seperti Waled H Rusli Daud MAg tentang santri dayah menyikapi tahun politik.
Selanjutnya Tgk Dr Imran Abubakar MSy tentang pandangan akademisi santri dayah tentang ekonomi umat dan wacana revisi Qanun LKS.

Kemudian, Tgk Dr Sabirin tentang peran santri dayah dalam pembangunan Aceh yang berperadaban, Tgk Marbawi Yusuf tentang menjaga independensi organisasi santri dayah dan juga materi dari Kepala Dinas Pendidikan Dayah Aceh Zahrol Fajri Sag MH, tentang keberpihakan Pemerintah Aceh dalam pengembangan santri dayah Aceh. (Murhaban)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait