website statistics
24.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

24.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 22:19:07 WIB

Jokowi Optimis ASEAN akan Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi di KTT Ke-42 Mendatang

Jakarta | detikNews – Artikel ini sepenuhnya akan dibuat menjadi unik, dengan mengambil informasi dari pernyataan Presiden Jokowi tentang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 yang akan digelar di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada tanggal 9-11 Mei 2023. Presiden Jokowi menegaskan bahwa ASEAN akan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi dalam KTT tersebut.

Dalam pernyataannya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa ASEAN memiliki potensi ekonomi yang sangat besar, dengan pertumbuhan ekonominya selalu berada di atas rata-rata dunia. Dia juga menyebut bahwa banyak barang produksi dunia dihasilkan oleh anggota ASEAN, yang menjadikan kawasan ini sebagai pusat produksi yang potensial.

Baca juga:  Mengunjungi Kampung Ujung: Jokowi Menjelajahi Wisata Kuliner Labuan Bajo dengan Berjalan Kaki

Dalam KTT ASEAN ke-42, Presiden Jokowi berharap untuk menyatukan kekuatan ASEAN dan mengembangkan kawasan ini menjadi pusat produksi yang lebih besar. Dia mencontohkan beberapa produk yang memiliki daya saing tinggi seperti TV, baterai, kendaraan listrik, dan produk lainnya. Dengan meningkatkan produksi dan daya saing produk-produk tersebut, ASEAN dapat meningkatkan pertumbuhan ekonominya dan menjadi pemain kunci dalam perekonomian global.

Baca juga:  Komisi V DPR Mendorong Pemerintah untuk Mengantisipasi Dampak Cuaca Panas Ekstrem dan Karhutla

Di samping itu, KTT ASEAN ke-42 juga akan membahas berbagai isu penting lainnya, seperti kerja sama regional, keamanan, dan stabilitas kawasan. Presiden Jokowi menegaskan pentingnya menjaga stabilitas dan kedamaian di kawasan ASEAN, yang dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi dan investasi.

KTT ASEAN ke-42 juga diharapkan dapat memperkuat kerja sama ASEAN dalam menghadapi tantangan global seperti perubahan iklim, keamanan siber, dan perdagangan internasional. Presiden Jokowi menekankan pentingnya ASEAN sebagai sebuah kawasan yang berintegrasi dan mampu bersaing dalam perekonomian global.

Baca juga:  Kesenjangan Kebijakan Moneter Kanada dan Jepang, Berpotensi Mendorong Pasangan Mata Uang CADJPY Melanjutkan Tren Kenaikan

Dalam kesimpulannya, KTT ASEAN ke-42 akan menjadi ajang penting bagi kawasan ASEAN untuk memperkuat kerja sama regional dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Presiden Jokowi menegaskan pentingnya ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dan pusat produksi global, dan mengajak negara-negara anggota untuk bekerja sama dalam mencapai tujuan tersebut.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait