27.4 C
Indonesia
Sel, 6 Juni 2023
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

27.4 C
Indonesia
Selasa, 6 Juni 2023 | 20:00:32 WIB

Kades Desa Wargajaya Ooy Tamami S: Pengabdian dan Sejarah Desa Wargajaya

Reporter: Parianto

Bogor | Gerbang Indonesia – Kepala Desa Ooy Tamami S menegaskan sejarah Desa Wargajaya Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor, Selasa (15/2/2022).

Ooy Tamami S telah mengabdikan diri kepada masyarakat Desa Wargajaya di usia 30 Tahun pada Tahun 1993.

Ooy Tamami S terpilih memimpin Kepala Desa pada Tahun 1993 lawan politiknya sala satunya adalah almarhum Mualim Tohir.

Ooy Tamami S terpilih menjadi Kepala Desa Wargajaya massa bhakti 8 Tahun dan alhamdulliah dipercaya masyarakat sampai saat ini.

Kepala Desa warganya Ooy Tamami S mengatakan, Desa Wargajaya pada massa itu bener-benar Desa tertinggal, disebelah barat berbatasan dengan Desa Sinarjaya, namun Desa Sinarjaya pada waktu itu sudah bisa dilalui kendaraan roda empat.

Kendati Desa Wargajaya sangatlah tertinggal dari segi insfratruktur pada waktu itu, alhamdulliah upaya Ooy sampai sekarang Desa Wargajaya bisa lebih maju.

Baca juga:  Joko Widodo Akan Membuka Kongres GMKI di Tana Toraja
Warga Desa Wargajaya
Warga Desa Wargajaya

Di sebelah utara perbatasan dengan Desa Sukadamai namun terhalang oleh kali Cipamingkis sehingga Desa Wargajaya tidak bisa terlewati oleh kendaraan roda empat.

Lebih lanjut, pada Tahun 1994 saya selaku Kades Wargajaya mengusulkan kepihak Bapeda Kabupaten Bogor didampingi oleh Wahdana H Erno Suarno supaya membangun Jembatan.

Satu tahun kemudian 1995 mulai dibangun di Tahun 1996 sudah bisa dilewati kendaraan roda 4 walaupun secara memaksa,” katanya

Pada waktu itu jalan tersebut masih keadaan tanah, dengan upaya saya mengajak seluruh Warga Desa untuk bergotong-royong tanpa lelah alhamdulillah semua bisa terlewati,” bebernya.

Kebetulan Desa Wargajaya adalah Desa IDT, bantuan demi bantuan dari Kabupaten Bogor bermunculan dan Kebetulan juga Desa kita masuk ke PW2KSS.

Baca juga:  Lazismu Agara Menyebarkan Kebahagiaan kepada Para Ibu Jamaah Sholat Subuh

Ada bantuan jaring pengaman sosial berupa dana, bantuan kambing 120 ekor, mesin traktor Jepang 1 unit dan termasuk juga ada bantuan Kas Desa berupa uang 5 juta.

Uang 5 juta tersebut dibelikan tanah hampir selebar 1 hektar dan lewat SPPT 3500 M setelah di ukur oleh BPN lewat program PTSL membengkak karena pembelian waktu itu secara gemblong dan pengukuran PTSL secara murni.

Dan upaya saya selanjutnya membangun Desa, awalannya di wilayah dusun 1 dan dipindahkan di dusun 2 supaya kantor Desa terletak digaris tengah.

Selanjutnya saya membeli tanah di depan Desa dengan saudara saya H Masito dengan DP 4 juta dengan uang pribadi bekas saya jual tanah milik saya pribadi letak nya di Dusun Cibitung.

Baca juga:  Wujudkan Swasembada Pangan, Bripka Agustinus Fay Bantu Warga Panen Padi

Dan upaya demi upaya saya bersama Perangkat Desa pada waktu itu melunasi tanah tersebut.

Berlanjut, upaya demi upaya saya bisa meratakan lapangan depan Desa tersebut karena pada waktu itu belum rata seperti sekarang ini, dengan mengeluarkan dana 13 juta uang pribadi saya.

Sebelumnya, Desa Wargajaya  masih memakai lampu patromak, kemudian Pemerintah Kabupaten Bogor mempunyai program listrik masuk Desa, namun kala itu hanya 1 RW, berkat upaya demi upaya saya selaku Kepala Desa dan sampai sekarang ini dapat terealisasi kesuluruh Desa.

Ooy menegaskan, ia menjabat Kepala Desa sebanyak 13 tahun 7 bulan.

Terbukti sampai saat ini masih di percaya masyarakat, semoga Desa Wargajaya lebih maju lagi,” tutupnya. (PR)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru