21.4 C
Indonesia
Ming, 27 November 2022
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Minggu, 27 November 2022 | 3:14:55 WIB

Kapal Ferry Kayu Jadi Andalan Masyarakat Tamban Desa Saka Kajang

Reporter: Ibrahim

Banjarmasin | detikNews.co.id – Sarana transportasi sungai yang di sebut dengan Ferry adalah salah satu tranformasi sungai yang menjadi andalan warga Sakakajang.

Dengan alat transportasi Ferry itu sehingga aktifitas warga dapat berjalan lancar dan juga sangat berdampak positif untuk perputaran roda ekonomi warga itu sendiri.

Nahkoda kapal motor yang bernama Pak Yusnan (53) tahun yang cukup senior di perkapalan mengungkapkan pada wartawan saat wawancara disela-sela menunggu penumpang yang menggunakan Ferry tersebut, baik arah pulang kerja maupun sebaliknya menuturkan pada wartawan,” dengan adanya sarana ini dirasa sangat membantu bagi warga setempat dalam hal ekonomi,” tuturnya pada awak media, Senin (01/08/22).

Baca juga:  Telah Resmi, Harga Pertalite Naik Jadi Rp 10.000

Penumpang Ferry tersebut kebanyakannya para karyawan disebuah perusahaan Pabrik Playwod dan juga Pabrik Karet dan juga penduduk setempat yang aktifitasnya sebagai pekerja kantoran.

Dan selain itu, tutur nahkoda Ferry tersebut,” banyak juga warga setempat yang berdagang hasil bumi salah satunya adalah hasil pertanian dan lainnya sehingga dapat melancarkan roda perekonomian warga desa kajang itu sendiri,” imbuhnya.

Baca juga:  Harga Telur Ayam Meroket Tajam di Pasar Tradisonal Banjarmasin

Tambah pak Yusnan mengatakan, usia penyebrangan Ferry ini sudah kurang lebih 20 Tahun lamanya dan jumlah kapal Ferry kayu ini hanya sebanyak 4 buah kapal Ferry yang ber oprasi dalam setiap harinya sebanyak 2 buah per hari, kemudian berganti dengan Ferry selanjutnya, sesuai jadwal yang disepakati.

Adapun dalam penyebrangan ini hasil pendapatan tersebut akan diatur dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Barito Kuala, tentunya sudah ada kesepakatan atau kerjasama dengan pihak Dinas Perhubungan setempat.

Dan ini adalah salah satu pendapatan Kabupaten Daerah yang mana hasilnya akan membantu kesejahteraan warga itu sendiri dengan bentuk perbaikan infrastruktur maupun kemajuan desa itu sendiri,” tegasnya.

Baca juga:  Tingkatkan Perekonomian UMKM, Mesin Serut Lidi Sawit Diluncurkan

Jam operasional Penyebrangan Ferry itu sendiri dimulai dari pukul 06.00 WITA hingga pukul 22.00 WITA.

Mengenai perlengkapan dari kapal Ferry kayu tersebut sudah memenuhi standar perairan yang mana dilengkapi adanya Asuransi dari Jasarahaja dan juga kelengkapan keselamatan dalam perjalanan salah satu contohnya adalah adanya Pelampung Standar Nasional yang ada di Ferry itu sendiri,” tutur nahkodanya.(ib)

Komentar

-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img

Berita Terpopuler

Sitialimah Aceh Meminta Perlindungan Hukum di Polres Nias

Nias, Gerbang Indonesia - Terjadi pengancaman atas diri Sitialimah Aceh yang dilakukan oleh sekelompok oknum keluarga TBN LS bersama dangan kawan-kawannya pada hari Sabtu...

Saat Perbaiki Mesin, Kernet Truk Ditabrak di Tol Jakarta Tangerang

Reporter: Sawijan Jakarta | detikNews.co.id - Disaat memperbaiki truknya yang mogok kernet truk berinisial HDR meninggal dunia di Jalan Tol Jakarta-Tangerang Km 04.300 pada Selasa...

Pj Walikota Dukung Komitmen Akreditasi RSUD Kumpulan Pane

Reporter: J. Saragih Tebing Tinggi| detikNews - Pemerintah Kota bersama jajaran UPTD RSUD dr H. Kumpulan Pane Tebing Tinggi mendeklarasikan komitmen Akreditasi demi upaya mewujutkan...

Riswanto Tukang Becak, Kini Jadi Juragan Buah

Pemalang | detikNews - Adalah Riswanto seorang lelaki berusia 30 tahun, warga Kaligelang, Kecamatan Taman, Pemalang Jawa Tengah. Seorang yang mengalami pasang surutnya kehidupan,...

Penganiaya Ibu Rumah Tangga di Tarutung, berhasil Diringkus Sat Reskrim Polres Taput

Tapanuli Utara, Gerbang Indonesia - Setelah lima hari melarikan diri, tersangka penganiaya seorang ibu rumah tangga atas nama korban Stevy Simanjuntak ( 30 )...

Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga di Desa Bontonyeleng

Reporter: Wahyudi Bulukumba | Gerbang Indonesia - Hujan deras disertai angin kencang menerjang beberapa titik di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel), Tak terkecuali di Desa...
-Iklan Pembuatan Website Berita-spot_img
Berita terbaru
Berita Terkait