website statistics
28.4 C
Indonesia
Tue, 23 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

28.4 C
Indonesia
Tuesday, 23 April 2024 | 19:34:47 WIB

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran Memaafkan Pengedit Profilnya di Wikipedia

Reporter: Sawijan

Jakarta | detikNews.co.id – Jajaran kepolisian berhasil mengamankan Nyoman Edi (33), pelaku yang mengedit profil Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di situs Wikipedia. Irjen Fadil Imran pun langsung menemui Nyoman Edi.

Dalam pertemuan tersebut, Fadil mengonfirmasi alasan Nyoman mengedit profilnya di Wikipedia. Nyoman kemudian menjelaskan bahwa ia punya pengalaman buruk dengan polisi. Pertemuan keduanya diabadikan dan diunggah di akun Instagram Kapolda Metro Jaya.

Kenapa Man kamu mengedit Wikipedia saya?” tanya Fadil Imran ke Nyoman.

“Saya punya pengalaman buruk, kurang baik dengan anggota kepolisian,” jawab Nyoman.

Nyoman mengklaim hanya iseng mengedit profil Fadil Imran di Wikipedia. Ia pun mengaku hanya iseng. Nyoman yang kini bekerja di salah satu trading saham mengaku sebenarnya tidak mengetahui sosok asli Fadil Imran.

Baca juga:  Kapolda Metro Jaya Ungkap Pelaku Penembakan di MUI Berdomisili di Lampung, Jenazah akan Dilakukan Autopsi

“Sebelumnya saya tidak tahu persis bagaimana profil dari bapak,” kata Nyoman. “(Mengedit) keisengan saja pak,” kata dia.

Fadil Imran lalu melepas maskernya yang sejak awal digunakan saat berdialog dengan Nyoman. Hal itu dilakukan agar Nyoman bisa melihat sosok asli dari Fadil Imran. Setelah melepas masker, Fadil kembali bertanya soal sosoknya di mata Nyoman.

Nah sekarang saya buka masker saya Menurut kamu, saya seperti apa sih sebenarnya?” tanya Fadil terhadap Nyoman. Cukup berwibawa, Cukup gagah, sahut Nyoman diselingi tawa, Fadil lantas menjelaskan bahwa ia sebenarnya tidak masalah diedit profilnya. Hal itu, kata Fadil, menjadi sebuah risiko ketika menduduki jabatan publik,” tegas Fadil.

Bagi saya, itu menjadi risiko sebagai seorang pejabat publik. Ya apalagi dalam tugas-tugas mengungkap sebuah peristiwa ya. Gini Nyoman, saya sebenarnya tidak terlalu peduli dengan editan-editan kamu itu.Nggak apa-apa, biasa itu,” tutur Fadil.

Baca juga:  Kapolda Metro Jaya Berjanji Akan Tindak Tegas Anggota yang Melanggar: Melihat Pelanggaran Seperti Penyakit yang Harus Diobati

Ia enggan memperpanjang masalah Nyoman ke meja hijau. Ia mengaku tidak sakit hati atas apa yang dilakukan oleh Nyoman. Fadil pun memaafkan perbuatan Nyoman.

Kendati demikian, Fadil tetap memberikan nasihat ke Nyoman agar tidak mengulangi perbuatannya. Ia pun mengimbau semua pihak, termasuk Nyoman agar bijak dalam berekspresi.

Tidak usah khawatir, seperti yang saya bilang tadi, saya maafkan. Dan dari awal juga saya nggak mau melaporkan kok. Tidak merasa sakit hati sama sekali dengan editan-editan Nyoman,” ucap Fadil.

Tadi pagi saya dilaporkan, saya bilang, nggak, saya mau ketemu Nyoman saja, saya mau maafkan,” ucap Fadil.

Nggak ada masalah buat saya. Saya sudah minta ke penyidik supaya nggak usah diproses secara hukum,” sambungnya.

Baca juga:  Doa Kesuksesan dari Widodo AS untuk Prabowo Subianto

Nyoman merasa bersalah setelah dimaafkan Fadil. Ia merasa telah salah menilai Fadil Imran. Fadil kemudian membantu melepas baju tahanan yang dikenakan Nyoman.

Sekadar informasi, Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran menjadi korban penyebaran berita bohong alias HOAXS. Biodata Fadil Imran di laman Wikipedia diubah oleh orang tak bertanggung jawab.

Orang tak bertanggung jawab menuding Irjen Fadil Imran menerima suap sehingga tak berani secara transparan mengusut kasus tewasnya Brigadir J alias Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Penyunting biodata Irjen Pol Fadil Imran kemudian dilaporkan ke Polda Metro Jaya atas tuduhan penyebaran berita bohong, HOAXS Laporan tercatat dengan nomor LP/B/3806/VII/2022/SPKT/Polda Metro Jaya tertanggal 26 Juli 2022.

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait