website statistics
23.4 C
Indonesia
Sat, 20 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Saturday, 20 April 2024 | 6:05:07 WIB

Kapolres Kebumen Angkat Bicara, Issue Penculikan Anak di Wilayah Kebumen Adalah Hoax

Kebumen | detikNews – Banyaknya informasi simpang siur mengenai penculikan anak membuat sebagian masyarakat khawatir dan resah.

Tak terkecuali para pedagang di Pasar Tumenggungan Kebumen, yang sangat khawatir dengan adanya informasi tersebut, terlebih saat mereka meninggalkan anaknya untuk berdagang di pasar dalam mencari nafkah.

Kekhawatiran itu disampaikan Amin Maskhur, Ketua Himpunan Pedagang Pasar Tumenggungan Kebumen saat kegiatan ‘Jum’at Curhat Polres Kebumen’, pada Jum’at 3 Februari 2023.

Kepada Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin, Amin Maskhur mengaku was-was dengan adanya informasi yang ia dapatkan dari sejumlah group WhatsApp ataupun Media Sosial.

Baca juga:  Malam Minggu, Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni Diserbu Ratusan Mobil Pemudik Menuju Pelabuhan Merak

“Terkait informasi mengenai penculikan anak, kami meminta penjelasan dari Bapak Kapolres. Bagaimana informasi itu?, karena sangat mengkhawatirkan bagi kami”, ungkap Amin.

Apa yang disampaikan Amin langsung ditanggapi Kapolres Kebumen yang saat itu didampingi PJU Polres.

Menurut Kapolres, hingga saat ini belum ada informasi tentang penculikan anak di wilayah Kebumen. Sehingga, jika didapati ada informasi penculikan anak di Kebumen, dipastikan Hoax.

Baca juga:  Peringati Hari Raya Idul Adha, Polres Kebumen Berikan Bantuan Hewan Qurban

“Terkait issue penculikan, diwilayah hukum Polres Kebumen sampai saat ini tidak ada kasus tersebut. Selanjutnya, berita tentang penculikan anak diwilayahnya setelah dilakukan kroscek dan ternyata berita tersebut berita Hoax”, jelas AKBP Burhanuddin.

Kapolres Kebumen berpesan, agar jangan mudah termakan berita Hoax dan tetap waspada di segala situasi agar tetap aman. Apabila ada hal yang mencurigakan, lanjut Kapolres, warga diminta segera lapor ke Polres Kebumen melalui Bhabinkamtibmas ataupun Call Center 110.

Baca juga:  Anggota Polres Kebumen Cek Kelengkapan Peralatan Pengamanan Massa

Apa yang dilakukan Kapolres cukup beralasan, karena salah satu tugas orangtua adalah mengawasi anaknya.

“Anak jangan dibiarkan main tanpa pengawasan, karena bisa saja bermain di tempat yang berbahaya seperti sungai ataupun parit, bahkan bisa juga menjadi korban pelecehan seksual oleh pelaku kejahatan”, terangnya.

“Sehingga tanpa issue penculikan anak sekalipun, orangtua wajib mengawasi keberadaan anaknya saat bermain ataupun bergaul”, pungkasnya.(Herman)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait