website statistics
29.4 C
Indonesia
Thu, 25 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

29.4 C
Indonesia
Thursday, 25 April 2024 | 14:44:01 WIB

Kasus Dugaan Korupsi di Ditjen Minerba ESDM Dibuka, Berujung Kantor ESDM Digeledah KPK 

Jakarta | detikNews – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memulai penyidikan kasus dugaan korupsi yang terjadi di KPK (Ditjen Minerba) kantor pusat Kementerian ESDM yang terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengungkapkan, bahwa sebelumnya KPK telah melakukan penggeledahan di kantor Ditjen Minerba yang terletak di wilayah Tebet, Jakarta Selatan. Namun, KPK belum memberikan rincian apa saja yang ditemukan dari penggeledahan tersebut.

Baca juga:  Tersangka Gratifikasi, Rekening Mantan Kepala Bea Cukai Makassar Dibekukan PPATK

“Tadi kan di Ditjen Minerba ESDM, sekarang informasi terakhir ke kantor ESDM-nya di (Jalan) Merdeka”, Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jaksel, Senin 27/3/2023.

Kasus korupsi yang sedang diselidiki oleh KPK terkait dengan tunjangan kinerja (Tukin) Aparatur Sipil Negara (ASN). Kerugian negara yang disebabkan oleh kasus ini dilaporkan mencapai miliaran rupiah.

Hingga saat ini, KPK belum mengungkapkan identitas tersangka maupun konstruksi perkara secara detail terkait kasus dugaan korupsi ini. Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri, hanya menyatakan, bahwa KPK telah memulai penyidikan baru atas dugaan korupsi di Kementerian ESDM.

Baca juga:  Komisi XI DPR RI Panggil Sri Mulyani Evaluasi Program Reformasi Birokrasi dan Bahas Kasus Transaksi Janggal di Kementerian Keuangan

“Terkait kegiatan penyidikan baru oleh KPK atas dugaan korupsi di Kementerian ESDM”, kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri Senin (27/3/2023).

Perlu diketahui bahwa apabila KPK sudah memulai penyidikan, artinya sudah ada tersangka yang ditetapkan. Namun, identitas tersangka dan konstruksi perkara baru akan diungkapkan oleh KPK saat konferensi pers ketika penahanan tersangka dilakukan.

Baca juga:  Breaking News: ART Asal Pemalang Disiksa Majikan Sampai Dipaksa Makan Kotoran Anjing

Kasus dugaan korupsi yang terjadi di Ditjen Minerba ESDM dan penggeledahan yang dilakukan di kantor pusat Kementerian ESDM, menunjukkan bahwa KPK tetap aktif dalam memberantas tindak pidana korupsi di Indonesia. Kita sebagai warga negara, harus mendukung dan menghargai upaya KPK dalam memberantas korupsi agar tercipta keadilan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.(Arf)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait