website statistics
22.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

22.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 1:06:32 WIB

Keberitaan Terkini: Bos SEC Mengungkapkan Dugaan Niat Melanggar Aturan oleh Banyak Perusahaan Kripto

detikNews | Ketua Komisi Sekuritas dan Pertukaran AS (SEC), Gary Gensler, menepis kritik yang menyebut agensinya berusaha menghancurkan industri kripto. Pada konferensi Piper Sandler di New York pada Kamis, 8 Juni 2023, Gensler menegaskan bahwa banyak perusahaan kripto telah secara sengaja melanggar aturan dan menghindari tanggung jawab ekonomi.

Gensler juga kembali menekankan pandangannya bahwa sebagian besar token kripto memenuhi definisi sekuritas dan harus didaftarkan ke SEC. Hal ini berarti pertukaran kripto juga harus tunduk pada undang-undang sekuritas yang berlaku.

“Dalam situasi di mana pelaku pasar aset kripto mengklaim bahwa mereka tidak melanggar hukum, jangan terburu-buru mempercayainya ketika mereka mengumumkan di Twitter atau di TV. Tindakan mereka mungkin saja ilegal,” kata Gensler seperti yang dikutip oleh Yahoo Finance pada Jumat, 9 Juni 2023.

Baca juga:  Binance Coin Meraih Prestasi Tertinggi dalam Pergerakan Harga Kripto pada 30 Agustus 2023

Beberapa hari terakhir, industri kripto telah melancarkan serangan terhadap Gensler setelah SEC mengajukan gugatan terhadap dua bursa kripto terbesar di dunia, Coinbase dan Binance, karena diduga melanggar undang-undang sekuritas dengan tidak mendaftarkan operasional mereka ke SEC.

Brian Armstrong, CEO Coinbase yang juga merupakan kritikus SEC yang vokal dan telah memimpin upaya di Washington untuk aturan kripto yang lebih jelas, juga merespons pernyataan Gensler. Dia menyebut Gensler sebagai orang yang tidak kooperatif ketika perusahaan kripto mencoba untuk berkomunikasi dengan SEC terkait proses pendaftaran. Baik Coinbase maupun Binance membantah tuduhan yang diajukan oleh SEC dan berjanji untuk membela diri mereka dengan semangat di pengadilan.

Baca juga:  Kontroversi Terungkap: Pengacara Binance Mengungkap Ketua SEC Pernah Menawarkan Diri Sebagai Penasihat di Binance

Selain itu, anggota parlemen AS juga meminta Departemen Kehakiman untuk menyelidiki Binance setelah tuduhan dalam gugatan SEC mengungkapkan bahwa Binance telah membuat pernyataan palsu kepada Kongres tentang praktik bisnis mereka dalam respon tertulis terhadap pertanyaan anggota parlemen pada Maret.

Dalam konteks ini, ketegangan antara SEC dan industri kripto terus meningkat. Sementara Gensler mempertahankan pandangannya bahwa regulasi diperlukan untuk melindungi investor dan menjaga integritas pasar, perusahaan kripto dan tokennya terus berupaya membela diri dan mengklaim bahwa mereka telah beroperasi sesuai dengan aturan yang ada. Kedepannya, perkembangan ini akan menjadi bagian dari narasi yang semakin kompleks mengenai peraturan dan perkembangan industri kripto di Amerika Serikat. (In)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait