website statistics
23.4 C
Indonesia
Fri, 26 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Friday, 26 April 2024 | 2:12:16 WIB

Kejadian ASN Hamil Terperangkap di Lift Gedung Baleka 2, Tanda Kegagalan Pengawasan di Pemkot Depok

Depok | detikNews – Seorang wanita ASN Pemkot Depok yang sedang hamil terjebak hingga lemas di Lift Gedung Baleka 2 lantai dasar Kantor Pemerintahan Kota (Pemkot) Depok pada Jum’at pagi 19/5/2023. Diduga kejadian Lift rusak tersebut dikarenakan kurangnya pengawasan yang dilakukan oleh bidang Bagian Umum Pemkot Depok terhadap para tekhnisi yang bekerja dibidangnya.

Pantauan detikNews.co.id bukan hanya kejaidian Lift rusak saja yang telah terjadi pada area Gedung Pemkot Depok, matinya beberapa lampu bulat Taman Sefie (Pinggir sepanjang sungai), lampu – lampu area Parkir VIP Selatan Gedung Sekretaris Daerah (Setda) Pemkot Depok pun terlihat telah lama padam.

Baca juga:  Kampus Tempat Mengajar Imam Musanto, STIE Dharma Bumi Putera Depok Gelar Halal Bihalal

Kejadian – kejadian ini harusnya menjadi evaluasi khusus dari Walikota Depok terhadap bidang terkait, karena akan menjadi kekhawatiran serius bagi para ASN terkait ancaman keselamatan kerja para pelayan masyarakat.

Pasal 3 UU No 1 Tahun 1970 tentang keselamatan kerja, bahwa pengurus diwajibkan menyelenggarakan pembinaan bagi semua tenaga kerja yang berada di bawah pimpinannya, dalam pencegahan kecelakaan dan pemberantasan kebakaran serta peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja, pula dalam pemberian pertolongan pertama pada kecelakaan.

Dalam menjalankan tugasnya sebagai pengawas, Bagian Umum Pemkot Depok seharusnya melakukan pemantauan dan pengawasan yang ketat terhadap perawatan dan perbaikan lift-lift yang ada di gedung – gedung pemerintahan. Hal ini harus dilakukan untuk mencegah terjadinya insiden serupa yang dapat membahayakan keselamatan dan kesejahteraan para pengguna lift, terutama para ASN yang menjalankan tugas pelayanan kepada masyarakat.

Baca juga:  Transisi Kepemimpinan Disrumkim Kota Depok, Mengenang Capaian dan Menyambut Tantangan yang Baru

Kondisi ini menuntut perhatian serius dari Walikota Depok untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap bidang terkait. Tindakan segera perlu diambil untuk memastikan bahwa lingkungan kerja para ASN, yang bertugas sebagai pelayan masyarakat, aman, nyaman, dan memenuhi standar keselamatan yang diperlukan.

Walikota Depok perlu menginstruksikan peningkatan pengawasan terhadap perawatan dan pemeliharaan fasilitas di gedung-gedung pemerintahan serta memberikan perhatian yang lebih serius terhadap masalah pemadaman lampu yang terjadi di area publik.

Baca juga:  Ngerii! Pembangunan Perumahan Tanpa Izin Menyebabkan Korban Jiwa, Walikota Depok Bertindak Tegas

Evaluasi khusus yang dilakukan oleh Walikota Depok terhadap bidang terkait haruslah menyeluruh dan melibatkan berbagai pihak terkait, termasuk Bagian Umum Pemkot Depok dan segera mengganti CV. Nurinda selaku pihak ketiga sebagai teknisi yang bertanggung jawab dalam perawatan dan pemeliharaan fasilitas. Tujuannya adalah untuk memberikan rasa aman bagi para ASN dari kegagalan pengawasan yang terjadi, sehingga akan menghilangkan kekhawatiran keselamatan kerja bagi para ASN.(Arifin)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait