website statistics
21.4 C
Indonesia
Fri, 19 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

21.4 C
Indonesia
Friday, 19 April 2024 | 5:38:30 WIB

Kemenhub Memprediksi 32,75 Juta Pemudik Akan Berziarah ke Jateng dan 24,6 Juta ke Jatim di Tahun 2023

Jakarta | detikNews – Menurut Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jawa Tengah akan menjadi tujuan utama bagi pemudik tahun 2023 dengan diperkirakan akan menarik sebanyak 32,75 juta pemudik. Selain itu, Jawa Timur, Jawa Barat, Jabodetabek, dan Yogyakarta juga termasuk dalam daftar tujuan utama pemudik.

Kemenhub memperkirakan bahwa Jawa Timur akan menjadi kota asal pemudik yang paling banyak dengan 21,2 juta orang yang akan berangkat mudik. Di samping itu, Jabodetabek, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sumatera Utara juga masuk dalam daftar kota asal pemudik terbanyak.

Baca juga:  Akses Terputus: Banjir Merendam Jalan Utama Kecamatan Bojongpicung dan Ciranjang di Cianjur, Jawa Barat

Lebih lanjut, Kemenhub memprediksi bahwa sekitar 77,3 juta orang atau sebesar 62,5% dari pergerakan masyarakat akan berasal dari Pulau Jawa. Moda transportasi yang akan paling banyak digunakan oleh pemudik adalah moda darat, seperti mobil dan sepeda motor pribadi.

Namun, untuk pemudik yang memilih menggunakan moda transportasi umum, bus dan kereta api diperkirakan menjadi pilihan utama. Kemenhub mencatat bahwa sekitar 41,81% dari total pemudik atau sekitar 51,76 juta orang memilih menggunakan transportasi umum saat mudik.

Baca juga:  Inspiratif dan Unik: Simposium PPI Timtengka Hasilkan Piagam Tunis, Manifestasi Gerakan Moderasi Beragama

Dari sisi penggunaan moda transportasi umum, Kemenhub memperkirakan sekitar 22,77 juta orang akan menggunakan bus, 14,47 juta orang akan menggunakan kereta api, 6,67 juta orang akan menggunakan angkutan penyeberangan, 6,19 juta orang akan menggunakan pesawat terbang, dan 1,66 juta orang akan menggunakan angkutan laut.

Secara keseluruhan, Kemenhub memperkirakan bahwa arus mudik tahun 2023 akan sangat ramai dan didominasi oleh pergerakan masyarakat dari Pulau Jawa dengan moda transportasi darat, terutama mobil dan sepeda motor pribadi, sebagai pilihan utama. Namun, untuk pemudik yang memilih menggunakan moda transportasi umum, bus dan kereta api akan menjadi pilihan utama.(Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait