website statistics
23.4 C
Indonesia
Wed, 17 April 2024
close

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

23.4 C
Indonesia
Wednesday, 17 April 2024 | 22:22:54 WIB

Kementerian ESDM Memberikan Tanggapan Terhadap Permohonan Izin Niaga BBM dan Gas dari PLN

Jakarta | detikNews – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) baru-baru ini mengungkapkan bahwa PT PLN Energi Primer Indonesia (EPI), subholding PT PLN (Persero), tertarik untuk memasuki bisnis niaga Liquefied Natural Gas (LNG) dan Bahan Bakar Minyak (BBM). Salah satu alasan di balik minat ini adalah untuk memastikan pasokan energi primer yang stabil dan andal untuk pembangkit listrik yang dimiliki oleh perusahaan.

Jisman P. Hutajulu, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan di Kementerian ESDM, telah mengungkapkan hal ini. Meskipun begitu, ia tidak yakin apakah perusahaan setrum pelat merah itu telah mengajukan izin ke Kementerian ESDM terkait rencana masuk ke bisnis niaga migas ini.

Baca juga:  Istri Kepala BPN Jaktim Bantah Pamer Kemewahan di Media Sosial: Harga yang Tersebar Tidak Benar!

“Anak usaha PLN, EPI bertujuan untuk mengamankan pasokan energi primer mereka saja,” jelas Jisman saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM pada Rabu (15/3/2023).

Sebelumnya, Sekretaris Perusahaan PLN Energi Primer Indonesia, Mamit Setiawan, telah mengungkapkan bahwa perusahaan tersebut diberikan amanah untuk menjamin dan memenuhi kebutuhan energi primer yang lebih andal dan efisien untuk pembangkit listrik. Mereka juga harus mengoptimalkan aset yang dimiliki oleh PLN Group yang terkait dengan energi primer, termasuk gas/LNG dan BBM, dengan memprioritaskan sumber dari dalam negeri, utamanya dari produksi BUMN sesuai dengan arahan Kementerian BUMN untuk sinergi BUMN.

Baca juga:  Hanya 8 Kota di Asia Tenggara yang Memiliki Kualitas Udara Sesuai Standar Kesehatan Internasional, Jakarta Terpapar Tinggi Polusi Udara

“Sebagai konsekuensi dari pelaksanaan skema tersebut, sesuai regulasi Kementerian ESDM, PLN EPI harus memiliki izin niaga gas/LNG dan BBM di mana saat ini semuanya masih dalam proses,” kata Mamit.

Mamit juga mengungkapkan bahwa saat ini, mereka hanya berencana untuk memperoleh izin niaga gas atau LNG. Namun, terkait dengan bisnis SPBU BBM, PLN EPI tidak berencana untuk ikut serta di dalamnya. (Rz)

Baca detikNews.co.id di Google Newsspot_img
Facebook Comment

Berita Terpopuler

Berita terbaru
Berita Terkait